Search

Ummu Aliyyah Ath Thabrani

Category

Sulam Pita

New Pattern of Ribbon Embroidery

Ga mau banyak bicara, yang paling penting adalah kerja dan berkarya *halah* …. abaikan… :p

 

1972493_10203382553315195_1986131929250224911_n

Tas Sulam Pita #2 (Ribbon Embroidery HandBag)

handbag1

 

Belakangan lagi males banget ngarang-ngarang sketsa sulam pita, akhirnya memilih untuk nyontek aja dari buku yang udah jadi :D. Untuk tas yang ini nyontek dari cover buku Sulam Pita Modern, cuma penggunaan ukuran pita aja yang rada beda, aku pake yang lebih kecil.

Awalnya males banget bikin handbag, karena pada dasarnya aku bukan orang yang modis ‘n stylish, ga hobi kemana-mana nenteng handbag, apalagi yang modelnya sederhana nyaris mirip goodie bag, cuma buat mainan anakku di rumah >_< … paling seneng yaa tas selempang simpel. Tadinya tasnya mau buat tempat jepitan jemuran, tapi pas udah jadi kayaknya sayang  juga dipake buat itu… yaa, tapi mau ga mau memang terpaksa dipake buat itu, kan tujuan awalnya emang gitu.

 

handbag2

 

 

handbag3

Aplikasi Sulam Pita untuk Penutup Blender

Ini proyek iseng aja,  ga ada orderan maksudnye :D. Dilatarbelakangi rasa jengah karena ngeliat blender di pojokan debu-an (jiyee, dilatarbelakangi :p), kardusnya udah melayang entah kemana, dan kebetulan chopper-nya pun udah pecah pas pindahan. Dalam kondisi sendirian, terbengkalai dan debu-an, apalagi hadiah yang paling terindah untuknya selain sedikit perhatian dari majikan.. ihiks. Jadi, rasanya cukup pantas kalo SAIA, sebagai majikan memberikan busana indah dan hasil lelah keringat SAIA yg SAIA sulam sendiri untuk sekedar melindungi blender kesayangan SAIA dari debu, cipratan minyak dan rasa dingin kesepian balutan malam. halah. :p

Inilah sedikit penampakan blenderku yg sudah berbusana rapih, ditemani si old lady-tempat segala sodet, pisau dkk sebagai the best couple of the year, cekidot, no edited. :D

blendercover

Aplikasi Sulam Pita pada Busana

Udah lama ga update blog, semoga diberi usia panjang untuk melanjutkan blog ini lagi insya Allah ^^. Aku posting beberapa gambar hasil pesenan aplikasi sulam pita dari temen-temen, ada yang terinspirasi dari bukunya mbak Lilik Setyowati… *dua jempol buat mba lilik yang karyanya bagus-bagus ‘n indah banget, masyaAllah*.

sulampita

sulampita1

Sulam Pita Melayu

Kasian sekali Ibrohim hafidzahullaah, belakangan ini proses belajarnya mesti berhenti dulu karena ummi-nya (alhamdulillah) kebanjiran order sulam pita. Hampir 2 bulan engga ada kegiatan menarik yang bisa dimanfaatkan untuk melatih motoriknya. Memang selama perjalanan hunting pita atau ke pasar membeli beberapa benang, kita masih menyempatkan untuk muroja’ah hafalan yang saat ini masih mentok di ayat kursi, surat An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas, serta doa-doa praktis lainnya sepanjang perjalanan. Atau masih bisa diselingi baca Iqro yang angot-angot-an. Tapi kentara sekali dia begitu kesepian, karena ummi-nya sibuk berkutat dengan sulaman :(

Insya Allah yah nak, semoga setelah kerjaan ummi selesai, kita bisa belajar dan bermain bersama lagi.

Dan berikut, salah satu contoh sulam pita versi Melayu made in Ummu Aliyyah. Pertama kali rada kesulitan beradaptasi dengan  sulam pita versi melayu ini, secara penggunaan pitanya berukuran besar dan perlu tenaga untuk menindis jarum. Tapi Alhamdulillah, setelah pake pendedel benang untuk membolongi kain sebelum ditindis jarum, terasa sangat memudahkan.

Enaknya diaplikasikan pada apa yah hasilnya?

Tambahan gambar neh, sulam pita yang belum kelar bikinnya… mau numpang nampang juga katanya, hehe….

 

Dompet Sulam Pita

dompetNgeliat dompet souvenir kondangan, tangan jadi gatel pengen ikutan bikin-bikin. Sebenernya bikinnya ga susah-susah banget sih, dan engga butuh waktu lama. Kalo ditelaten-in, bisa juga jadi dompet yang mewah dan cocok dibawa kondangan. Tapi yaa, meskipun seneng bikinnya, mikir-mikir juga kalo mau dibawa kondangan, not my style gitu lho… o iya, satu lagi, believe it or not, daleman dompetnya itu dari kardus kotak makanan. Jadi, kalo dapet kiriman besek makanan yang pake kardus (misalnya dari tetangga yang aqiqah), jangan buru-buru dibuang yah, bisa dimanfaatkan lho…

Sulam Pita

tassulampitaAlhamdulillah, bulan kemarin suami ngasih hadiah beberapa buah buku tentang kreativitas, salah satunya buku tentang sulam benang, pita dan payet. Senang banget rasanya, apalagi saat itu hati lagi penasaran sama sulam-menyulam dan engga sanggup beli buku panduannya, abis harganya lumayan mahal, makasih yaah ^_^. Langsung deh, mulai ngelirik toko pita dan toko alat-alat jahit.

Baru nyoba belajar beberapa kali di kain perca, udah nekat sok bikin-bikin tas kecil, tutup dvd dan sarung blender, yaa akhirnya gitu deh, rada-rada amburadul (kalo engga bisa dibilang ancur :P). At least, mencoba itu lebih baik daripada cuma diam tapi hati penasaran. Tapi benar kata beberapa penulis buku sulam menyulam, teknik sulam pita dan sulam benang memang gitu-gitu aja; spider web rose, french knot, lazy daisy, straight stitch, ribbon stitch. Kuncinya ya cuma kolaborasi diantara teknik-teknik itu, dan tentu aja, pemilihan warna yang sesuai dengan bahan. Biasanya pita yang dipakai pita satin atau pita organdi ukuran 2 mm dan 4 mm, karena pita beludru lebih tebal maka jarang digunakan.

Satu lagi, pemilihan ukuran pita juga berperan penting dalam penampilan hasil akhir. Biasanya, pita ukuran kecil bagus untuk pola yang kompleks dan menimbulkan kesan elegan, dan pita yang ukuran sedang, cocok untuk pola yang minimalis dan biasanya untuk aplikasi sehari-hari (ini kata penulis bukunya lho ^_^).

Bagi yang tertarik sulam pita, siap-siap deh ber-eksplorasi dengan warna.

motifsulam

motifsulam2motifsulam1

Blog at WordPress.com. | The Baskerville Theme.

Up ↑

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers