Tag Archives: kardus bekas

Menganyam dengan Kardus Bekas

Standard

Masih tentang materi anyaman, kali ini kita bikin anyaman dari kardus bekas. Peralatan yang dibutuhkan sederhana saja, cukup kardus bekas ukuran 20x30cm, benang wol dan gunting.
Ujung-ujung kardus kita gunting sebanyak bilangan ganjil, kemudian kita pasang stringnya. Barulah kardus bisa kita anyam dengan cara memasukkan benang ke dalam jarum sulam terlebih dahulu. Bila dibandingkan dengan anyaman piring plastik, anyaman kardus ini lebih membutuhkan banyak ketelitian dan kesabaran, dan harus selalu memperhatikan kekuatan tarikan tangan, karena bila terlalu kuat, anyaman akan menciut di bagian tengahnya.
So Far, cukup bagus, meski cuma 3 anak yang mampu menyelesaikan sampai ujung, itu pun karena di buat pr. Karena membuat ini ternyata butuh waktu yang lama bila menggunakan benang wol. Supaya cepat, mungkin bisa pake tali tambang kapal 😀

20150312_084029
20150312_084023
20150312_084014

Advertisements

Bikin Puzzle Sederhana yuukk…. [Tutorial]

Standard

2 Hari yang lalu, abi beli cooling pad buat laptop… ada kardusnya. Sayang bangets kalo di buang (bukan berarti pelit lho… *mana ada orang pelit ngaku… xixixi..). Nah, daripada mubazir, mending kita bikin puzzle aja. Kebetulan kemarin Ibrohim sukses merobek-robek buku tentang gajah, yang tersisa cuma cover bukunya yang masih bisa dimanfaatkan… *hedeuh >_<

okelah, mari kita segera memulainya :

1. Seperti biasa, persiapkan bahan :
* kardus bekas (yang keren sih pake hardboard -tapi ga punya-)
*Cover buku bekas (tadinya mau yang gambarnya bunga/bukan makhluk hidup, tapi qadarullah yang ada cuma gambar gajah)
*cutter
*penggaris besi
*Lem Fox/double tape
*pensil/pulpen

2. Potong kardus menjadi 2 bagian yang sama (depan – belakang)

3. Potong Gambar Gajah dari Cover buku sesuai ukuran kardus, lalu tempelkan pada salah satu sisi kardus :

4. Tempel satu kardus yang tersisa dengan kertas origami/asturo

5. Garislah dengan pensil/pulpen bagian kardus yang ada gambar gajahnya seperti contoh imej di bawah, lalu potong memakai cutter mengikuti garis

6. Kemudian tempelkan border puzzle pada kardus yang satunya

7. Lalu susunlah puzzle sesuai gambar

Nah sekarang, puzzle sederhana yang menarik sudah bisa dimainkan putra-putri anda, selamat mencoba..!!

Tutorial Membuat Perahu Layar Sederhana dari Kardus Bekas

Standard

Jangan remehkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, meskipun itu hanya selembar kecil kardus bekas ^^. Dengan sedikit sentuhan, maka anda bisa menyulapnya menjadi mainan yang menarik untuk anak-anak. Meski terlihat sederhana, tapi anak-anak akan sangat senang mendapat mainan buatan orang tuanya sendiri.

Nah, untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit. Berikut Caranya.

Persiapkan bahan-bahannya dahulu.

1 Lembar Kardus Bekas
1 Lembar Kertas Samson
1 buah cutter
1 buah gunting
1 buah penggaris dan pulpen (untuk membuat pola)
1 buah selotip bening
1 lembar lidi
1 buah lilin mainan untuk penahan layar dan benang jahit (bahan tidak ada digambar)

Cara Membuat :

Buatlah di atas kardus seperti pola sebuah perahu bagian bawah. Lalu potonglah dengan cutter, kemudian sisinya di lipat dan di selotip

Dari sisa kardus tadi, buat lagi pola untuk menutup perahu bagian atas, potong, lalu sisihkan :

Kemudian buatlah tiang layar dari lidi yang di potong masing-masing 3 cm, 4 cm, 5 cm dan 10 cm. Kemudian ikat.

Potong kertas samson sebanyak 3 buah sesuai panjang lidi dengan lebar 1 cm, lalu tempel dengan selotip pada lidi tersebut.

Kemudian, gunting kembali kertas samson, dan bentuklah seperti sebuah layar pada lidi tersebut.

Untuk membuat layar berdiri tegak di atas kapal, tusukkan lidi bagian bawah pada sebuah lilin mainan, tapi sebelumnya masukkan dahulu tutup perahunya. (display gambar layar sebelum dibentuk menjadi perahu)

Kemudian susunlah bagian-bagian perahu tersebut menjadi sebuah perahu yang cantik, jangan lupa untuk menempel bagian atas perahu dengan selotip. Selamat mencoba…!

Kotak kardus

Standard
kardus_01
Kotak Kardus

Alhamdulillah, bermodal selembar kardus bekas dan kertas kado 800-an perak, jadi juga kotak serba guna ini. Tadinya kardusnya pengen dibuang aja, tapi kayaknya sayang banget kalo masih bisa diubah jadi barang yang bermanfaat. Covernya ditempel pake lem fox yang udah diencerin, karena buru-buru bikinnya, lemnya masih menggumpal, akhirnya hasilnya jadi ga rapi dan mengkerut meskipun udah dipernis. Maklum-lah, baru mulai coba-coba bikin ^_^. Tapi kayaknya Aliyyah bangga banget dibikinin ummi-nya kotak serbaguna, sampe-sampe dia bawa-bawa ke sekolahnya buat tempat alat tulis. Weleh… insyaAllah nanti ummi bikinin yang lebih bagus yaa.