Tag Archives: crafts

Kartu Prestasi Ramadhan

Standard

kartuprestasiramadhanAlhamdulillah, Ramadhan tiba juga. Meskipun tahun ini saya libur puasa karena sedang menyusui, tapi saya sangat berharap akan menjadi bulan yang penuh berkah bagi keluarga kami. Aliyyah dan Ahmad pun mulai belajar berpuasa, setengah hari. Awalnya mereka sedikit ngedumel, tapi senjata untuk merayu anak untuk melakukan pekerjaan yang kurang mereka sukai adalah mengiming-imingi mereka dengan hadiah :D. Saya tidak terlalu memaksakan mereka untuk berpuasa, saya mengijinkan mereka makan-minum ketika adzan pada siang hari terdengar (Dzuhur dan Ashar), lalu selang setengah jam, mereka pun harus mulai berpuasa kembali.
Untuk melengkapi mereka berpuasa, saya membuat Kartu Prestasi Ramadhan, yaitu sebuah kartu yang berisi laporan perkembangan puasa mereka dari hari ke hari selama sebulan penuh. Tadinya, di dalam benak saya, saya ingin membuat laporannya dari tanggal 1-30 Ramadhan 1430H, tapi qadarullah, ketika lagi serius bikin, Ibrohim merengek-rengek terus, dan finally yang terjadi adalah saya membuat skedul-nya berdasarkan nama-nama hari. Tapi bukan masalah sih..
Di dalam kartu ini, saya buat kotak-kotak untuk memisahkan per harinya. Jika mereka sanggup berpuasa, maka kotak tersebut akan saya isi dengan dot (lingkaran) berwarna kuning. Sebaliknya jika mereka gagal berpuasa, kotak akan saya isi dengan dot warna hitam. Di akhir bulan nanti dot-dot tersebut akan dihitung bersama, bila yang terbanyak adalah warna kuning, maka mereka berhak mendapatkan hadiah. Dan bila dot warna hitam yang terbanyak, semoga tahun besok mereka lebih bersemangat untuk berpuasa.

kartuprestasiramadhan

Mahkota

Standard

mahkotaSemua kreativitas berawal dari keisengan. Seperti hari ini, liburan sekolah membuat anak jenuh, tak ada aktivitas dan kurangnya intensitas keluar rumah. Ketika libur, kami memang tidak memaksakan anak-anak untuk belajar, karena otak mereka juga perlu istirahat. Akhirnya, mau engga mau, untuk membuat anak-anak nyaman berdiam diri di rumah adalah membuat kegiatan menarik untuk mereka. Kali ini mereka setuju dengan ide umi membuat mahkota raja… Alhamdulillah, sepertinya mereka senang sekali.

Karya Ahmad

Standard

Ahmad, anakku yang kedua, yang aktif dan tidak bisa diam ternyata punya imajinasi tinggi juga. Dia memang sedikit berbeda dari Aliyyah, Aliyyah cenderung senang dengan tulis menulis dan matematika, sedangkan Ahmad, senang berkreasi yang aneh-aneh. Sikapnya spontanitas dan tidak terarah, tanpa sadar kadang kala dia sudah mencipta bermacam kreatifitas. Nah, ini beberapa hasil karyanya..

bajuahmadlolipop

Perahu

Standard

jadulLagi bongkar-bongkar mainan anak-anak pas mau pindahan, ketemu nih perahu minyak jadul. Seneng banget ngeliatnya, itung-itung nostalgia waktu masih kecil dulu kalo dibawain oleh-oleh dari orang tua pas pulang dari pasar. engga bosen-bosen ngeliat perahu minyak muter-muter di bak mandi rumah.

Perahu ini sih bukan warisan, murni beli 2 tahun lalu di pasar permai Tj Priok dengan harga 5000 rupiah per buah. Pas di bawa pulang, heran juga, anak-anak koq engga se-excited yang ngebeli-in yah, biasa aja tuh. Mungkin perbedaan jaman dan kalahnya teknologi, mereka lebih memilih main robot-robotan atau superhero-an. Eleuhh… piye ~_~

Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Standard

tempatpensil
Alat dan Bahan :
1.Kaleng minuman bekas
2.Alat pembuka kaleng
3.Kertas Kado bergaris
4.Selotip bening
5.double tape
6.Kertas Origami
7.Gunting
8.Penggaris

Cara membuatnya :
1.Buka tutup kaleng dengan pembuka kaleng, cuci dan keringkan.
2.Ukur Tinggi kaleng dan potong kertas kado sesuai tinggi dan diameter kaleng
3.Tempel kertas kado dengan double tape
4.Agar merekat, bagian atasnya dilapis dengan selotip bening
5.hias dengan bunga kecil yang dibuat dari kertas origami.
6.Tempat pensil yang manis ini sudah siap menghias meja belajar anda.