Tutorial Membuat Clay dari Tepung

Bahan :
2 sdm Tepung Beras
2 sdm Tepung Tapioka
2 sdm Tepung Maizena
75 gr Lem Putih
1 tusuk gigi
Cat Poster

Cara membuat :
1. Campurkan tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
2. Setelah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
3. Warnai setiap bagian dengan warna yang berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.

Tips :
1. Agar adonan Clay tidak cepat kering, bungkus adonan yang belum dibentuk dengan plastik.
2. Tempelkan bagian-bagian clay yang akan di satukan dengan lem putih.
3. Agar tidak jamuran, tepung bisa dicampur pengawet makanan (benzoat) sebanyak 1 sdt.
4. Supaya hasil clay lebih awet, setelah clay terbentuk, bisa di cat akrilik atau pylox bening atau cat kuku transparan.

About these ads

157 thoughts on “Tutorial Membuat Clay dari Tepung

  1. salam kenal.. :). saya pernah coba pakai campuran dengan tepung terigu, tapi hasilnya ga bagus. warnany kusam dan cepat jamuran. sepertinya ide mengganti dengan tepung maizana boleh juga tuh. thanks infonya yaa

  2. Salam kenal and salam persahabatan sesama pecinta blog ya bu …
    Kayanya patut dicoba nih, soalnya lom pernah bikin nih.
    Tapi klo di lihat dari bahan dan cara pembuatannya, kayanya ga terlalu sulit ya bu !!!! …
    And bisa juga tuk sekalian bermain dengan anak nih, biar tambah deket sama anak nih … Ya, itung-itung biar anak jadi kreatif dan jadi pintar. Soalnya mereka kan bisa berkreasi semaunya mereka.
    Bahan-bahannya juga kayanya ga sulit tuk dicari ko, soalnya bahannya yang slalu ada disekitar kita deh !!!
    Bu, aku mau minta ijin tuk mengupload data ibu ke blog aku ya. Atau ibu juga bisa liat blog aku di blog lidya felisha.
    Salam kenal and salam persahabatan …

  3. Ass, wah bisa gak yah aku belajar langsung bu? btw ibu domisili di mana? aku di bekasi, jadi ingin ngundang ibu nih buat ajarin kami guru paud posyandu.

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

      itu mudah koq bu, bisa belajar sendiri insya Allah^^. Saya juga tinggal di Bekasi, tepatnya rawa lumbu. Saya masih amatiran bu, bikin clay itu cuma buat senang anak-anak di rumah.. ^^

    • Kalo ga mau jamuran bisa ditambahin natrium benzoat, untuk pengawetnya. Bisa juga di cat akrilik atau disemprot pilox bening. Kalo hasil bikinan saya sampe sekarang belum jamuran sih meski ga dikasih apa-apa, alhamdulillah… ^^

  4. aku sering bkin clay, tapi susah membentuknya.
    pasti hancur deh di tanganku.
    jdi bentuknya rada gak karuan.
    TT^TTa

    gimana yah cranya bkin clay tapi gak gampang jatoh atau melorot gitu meskipun udh di bikin tatakan?
    apa harus pakai kawat di dalemnya?
    hbis lihat di buku, ada yang bisa tegak gitu claynya.

  5. Ass. Wr.Wb.
    Salam kenal.
    Saya dah mendorong putri saya yg sedang kuliah di semester pertama untuk mendalami pengolahan dan pembuatan aneka produk dari clay.. saya yakin benyak manfaatnya.

    Wass.
    IAS.

    • wa’alaykumusalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh… saya juga gitu bu, di-angin2-kan sebentar juga keras lagi. Kalo ga mau terlalu lembek, mungkin waktu penyimpanan cukup di taro di wadah kecil lalu di tutup serbet… *tapi saya belum coba sih penyimpanan kayak gitu

  6. salam kenal, ak mau tanya nih, kan aku udah buat clay dari tepung, nah pembuatannya sama pebentukannya berhasil, tapi, waktu aku cat pake pilox bening, kok tambah lembek dan hancur ya? apa aku salah teknik mencat piloxnya? atau clayny perlu d angin2in dulu? makasih

  7. @Tania : terus terang saya pribadi belum pernah coba pake pylox bening (tapi pernah baca untuk final touch bisa pake itu), tentu aja penggunaannya setelah clay selesai dibentuk dan mengeras… ^^

    • @Dwie : InsyaAllah bisa, malah hasilnya akan lebih bagus, jangan lupa ditambah minyak sayur sedikit… dulu waktu pertama bikin clay pun saya cuma pake tepung maizena+lem putih+minyak sayur. Cuma karena harganya relatif mahal (apalagi cuma buat mengisi waktu luang anak-anak), jadi di oplos pake tepung lain ^^

  8. ass..
    salam kenal,saya uda cba bikin clay,tapi kok adonanny g’ enak y,,g’ punel gto..aku coba bikin kura2,,tapi bdanny masi lembek aja,,kyk kue,,g’ kering,,itu gmn y mb’..apa adonanny yg salah,,padahal uda lengkap,,tapi aku cuman pake tepung + lem putih +pengawet..aja….apa harus pakek lem fox,,aku kmren pake lem putih,tapi merek rajawali,,sama ajakan mb’…
    mohon infony ya…:)

    • Salam kenal juga ^^… saya belum pernah pake lem putih merek rajawali, biasa pake lem fox. Bisa jadi karena memang merk lemnya yang berbeda. Karena belum tentu komposisi-nya sama meskipun judulnya sama-sama lem putih. Kelebihan lem fox (tanpa bermaksud untuk iklan :p), ketika diangin-anginkan akan mengeras dan berubah warna jadi transparan. Coba deh diganti lem-nya, barangkali kali ini sukses yah ^^

  9. haloo..
    mau nanya nih, klo bikin pke tepung maizena yg udh kadaluarsa bisa ga ya..??
    soalnya di rumah banyak tepung yg kadaluarsa, sblm dibuang kali aja bisa dimanfaatin..:)
    makasih..

  10. Saat proses pewarnaan menggunakan cat poster, apakah cat poster boleh dicampur air (maksud saya supaya menghemat cat)?
    Terima kasih.

    • @Mita : Ga perlu dicampur air, khawatir adonan akan tambah lembek. Lagipula penggunaan cat poster untuk pewarnaannya itu cuma sedikit banget, cukup seujung tusuk gigi… kalo banyak-banyak khawatir warnanya ga cerah ^^

  11. Ba, saya biasa buat dengan tepung maizena, tepung beras dan tapioka??
    Saya mau tanya klo tepung tapioka itu bisa di ganti dengan tepung apa ya??

  12. ass, mba saya mau tanya
    Saya biasa buat clay dengan tepung maizena, tepung beras, dan tepung tapioka.
    Klo tepung tapioka bisa diganti dengan tepung apa ya??

  13. @eghi : saya belum pernah coba ganti tepung tapioka pake tepung lain… tapi kalo dari tekstur, tepung tapioka mirip sama tepung sagu tani. Silahkan kalo mau bereksplorasi dengan bahan lain…. di tunggu hasilnya yah ^^

  14. Salam Bu,

    Klau diperhatikan, itu kan dibuat bagian per bagian ya Bu, misalnya untuk bikin es krim cone, dibuat dulu cone-nya lalu esnya. Nah, cara merekatkan satu bagian clay ke bagian yang lain apakah diperlukan lem? Atau cukup digabungkan begitu saja? Apakah itu cukup kuat? Terima kasih.

  15. Assalamualaikum…maaf bu mau tanya, kalo diganti lem lain, lem apa ya yang bisa, yang kira2 harganya lebih murah dari lem fox. terima kasih sebelumnya
    Wassalamualaikum Wr Wb

  16. halo, saya ada masalah nih pas bikin clay nya.. sy rasa takarannya udah pas tapi malah hasilnya jadi lembek banget, pdhl sy liat di contoh maupun di gambar2 hasilnya keras gitu, salah takaran atau gmn ya..? kbtulan td saya pake takaran tepung maizena tapioka beras masing masing 20gr, trus sy campur 60gr lem putih, jadinya lembek sekali.. mohon bantuannya.. trims.. ^^

      • Saya udah nyobain adonannya pak Harie, hasilnya siip..agak sedikit kering sih, jadi saya tambahin baby oil dan skin food cream Viva sedikit, jadinya pas banget..makasih mba, blognya mba isinya mantapp..salam kenal, ya..

    • Sekedar berbagi info nih.,
      Ak jg br belajar soal bikin clay.,
      Kbetulan cari2 sndiri formula bikin adonannya.,
      25gr tapioka
      20gr maizena
      20gr tepung beras
      50gr lem fox
      1sdt benzoa (pengawet makanan)

      Setelah bahan dicampur dan diuleni, klo msh ngerasa lembek tambah tapioka dan uleni lagi, tambahannya dikira2 aja.,
      *jgn pakai terigu, krn warna terigu kusam.,
      Sblm kasih warna, sebaikanya diberi warna putih dlu.,
      Adonan asli tanpa diberi pewarna putih nnt pas keringnya warna clay akan brubah agak gelap, jd sblm dikasih warna2 yg menarik adonan kita ksh warna dasar putih

      Senangnya berbagi.,
      Smoga bermanfaat., :)

  17. Kalo boleh nanya, harga cat posternya berapa?
    saya dapat buat beberapa.. cuma waktu gabungkan beberapa warna hasilnya warnanya agak menyatu dengan warna laen(contoh: warna biru ditempel dg warna merah, pertemuan claynya ada campuran warna biru dimerah).. solusinya gimana?
    alika@ saya pernah juga hasilnya lembek.. tapi bisa agak keras kok.. caranya tambahin aja tepungnya.. ulenin ampek rata..

    • @saiful : beda merk beda harga pak… saya pake merk sn*wman, harganya 1 set 50-60ribuan kayaknya. Itupun pemakaiaannya sedikit banget, cuma seujung tusuk gigi. Mengenai kombinasi warna, saya belum pernah coba campur-campur warna, jadi ga tau hasilnya. Tapi kalo mau warna yang kombinasi, mungkin bisa coba kedua warna disatukan di wadah kecil terlebih dahulu, lalu aduk.. baru hasilnya di campurkan ke tepung…

  18. Wah mbak ini, masak tepung mahal2 kok cuman buat mainan doang,…
    mending buat saya aja, biar saya bikin kue… hehe..
    Mungkin untuk tepung diganti aja pakai “talk” harganya cuma 3 ribu per kilo,
    dibelinya di Toko Kimia, bentuk fisik “talk” ini mirip dengan tepung organik..
    Kalau pas beli bisa bilang,ada “talk untuk campuran resin” gitu…
    coba aja, lebih murah kan bahan bakunya.. ndak rugi kalo buat mainan.. hehe..
    ntar bisa coba bikin patung jupe pake baju ondel2 hehehe..

  19. dri dlu aku pgn bgt bu bkin clay,,, tpi udah bbrp kli gagal trus ,,, adonan saya lembek,,,udah saya tambah tepung msh aja lembek,,, sebenarnya terktur adonanya tu gmna to bu,,?

  20. mbak….

    saya mau tanya ni….
    klo misal clay-nya di buat stopmotion (vidio dr kmpulan foto) kn bisa tu….
    tapi kayak.e clay tu bisa mengeras ya…..
    nah…. bikin Clay agar tetep lembek / gk mengeras, tu gimana ya mbak..????

    tolong di jawab ya mbak…..hehehehe
    trima kasih…..

  21. askum …
    saya bkin clay kug hasil y
    1. mudah jamuran
    2. lembek dan tidak bisa keras hasil nya
    mhon bantuan y ,, gmn cara mengatasi masalah di atas ?

    • @ceper :

      1. Clay jangan dicampur air dan setelah mengeras dan kering, segera lapisi cat akrilik atau cat kuku transparan.
      2. Mungkin komposisi tepungnya masih kurang tepat (?)

    • @Deiny Setyawan : Sekedar info aja yah pak, Cat Poster itu dijual ketengan di toko-toko buku, harganya per botol kecil itu Rp. 3.000 – Rp. 6.000, dengan pemakaian 1x colekan tusuk gigi, 1 botol bisa digunakan hingga puluhan kali… tapi silahkan kalo bapak mau coba pewarna lain, misalnya pewarna makanan… ^^

  22. adonan kenapa kembung dan retak sewaktu pengeringan ya??? seperti kue yg mengembang gt…dan bila diberi pengawet knp warnanya sangat jelek dan belang setelah kering??? padahal saya pakai cat poster selain itu takaran saya juga sudah persis sesuai resep…

  23. saya pernah coba tapi adonannya malah ga menyatu, apa takarannya salah ya??
    boleh tidak benzoat di campur langsung dalam adonan tepung dan lem??
    terimakasihh :)

  24. sama nggk si lembeknya kaya plastisin lilin warna klo plastisin kan dibentuknya enak bisa detil, kalo tpung gmn ?
    spertinya agak kenyal ya ?

  25. Assalamu’alaikum,,,
    Umi,,,aku mau tanya,,kalau bikin orang-orang-an cara bentuk matanya pake apa.?trus bisa berapa lama keringnya,,?bisa ggak bentukx pake catter nnt kalu udah kering…?

  26. saya sudah mencoba resep persis yang telah disebutkan ummu aliyyah di atas berkali kali, tapi hasilnya saat kering adalah retak semua.
    ternyata, setelah saya tambahkan parutan sabun batang dan hasilnya mulus.
    apakah anda juga memakai sabun sebagai bahan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s