Tutorial Membuat Clay dari Tepung

Posted on Updated on

Bahan :
2 sdm Tepung Beras
2 sdm Tepung Tapioka
2 sdm Tepung Maizena
75 gr Lem Putih
1 tusuk gigi
Cat Poster

Cara membuat :
1. Campurkan tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
2. Setelah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
3. Warnai setiap bagian dengan warna yang berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.

Tips :
1. Agar adonan Clay tidak cepat kering, bungkus adonan yang belum dibentuk dengan plastik.
2. Tempelkan bagian-bagian clay yang akan di satukan dengan lem putih.
3. Agar tidak jamuran, tepung bisa dicampur pengawet makanan (benzoat) sebanyak 1 sdt.
4. Supaya hasil clay lebih awet, setelah clay terbentuk, bisa di cat akrilik atau pylox bening atau cat kuku transparan.

157 thoughts on “Tutorial Membuat Clay dari Tepung

    mebigina said:
    January 18, 2010 at 1:43 pm

    salam kenal.. :). saya pernah coba pakai campuran dengan tepung terigu, tapi hasilnya ga bagus. warnany kusam dan cepat jamuran. sepertinya ide mengganti dengan tepung maizana boleh juga tuh. thanks infonya yaa

    fara said:
    November 15, 2010 at 6:30 pm

    wahh…..mo coba ahh…!!!!! :-D

    lidya said:
    November 23, 2010 at 1:33 pm

    Salam kenal and salam persahabatan sesama pecinta blog ya bu …
    Kayanya patut dicoba nih, soalnya lom pernah bikin nih.
    Tapi klo di lihat dari bahan dan cara pembuatannya, kayanya ga terlalu sulit ya bu !!!! …
    And bisa juga tuk sekalian bermain dengan anak nih, biar tambah deket sama anak nih … Ya, itung-itung biar anak jadi kreatif dan jadi pintar. Soalnya mereka kan bisa berkreasi semaunya mereka.
    Bahan-bahannya juga kayanya ga sulit tuk dicari ko, soalnya bahannya yang slalu ada disekitar kita deh !!!
    Bu, aku mau minta ijin tuk mengupload data ibu ke blog aku ya. Atau ibu juga bisa liat blog aku di blog lidya felisha.
    Salam kenal and salam persahabatan …

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 23, 2010 at 2:30 pm

      salam kenal juga yaah… moga bermanfaat ^^

    mama sarah said:
    November 26, 2010 at 3:27 pm

    Ass, wah bisa gak yah aku belajar langsung bu? btw ibu domisili di mana? aku di bekasi, jadi ingin ngundang ibu nih buat ajarin kami guru paud posyandu.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 26, 2010 at 4:43 pm

      Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

      itu mudah koq bu, bisa belajar sendiri insya Allah^^. Saya juga tinggal di Bekasi, tepatnya rawa lumbu. Saya masih amatiran bu, bikin clay itu cuma buat senang anak-anak di rumah.. ^^

    uwie said:
    December 2, 2010 at 2:50 pm

    ni low dah lama bakal jamuran gx??
    terus kalow gx pake tepung beras gmana??

      Ummu 'Aliyyah responded:
      December 4, 2010 at 12:16 pm

      Kalo ga mau jamuran bisa ditambahin natrium benzoat, untuk pengawetnya. Bisa juga di cat akrilik atau disemprot pilox bening. Kalo hasil bikinan saya sampe sekarang belum jamuran sih meski ga dikasih apa-apa, alhamdulillah… ^^

    Iphe Salamun said:
    December 5, 2010 at 7:52 pm

    aq baru mencoba nich mba….
    harapannya setelah membaca resep mba aqu bisa memprakteknya….

      Ummu 'Aliyyah responded:
      December 6, 2010 at 7:11 am

      Moga sukses mencobanya yah Iphe.. ^^

    puput said:
    December 31, 2010 at 2:45 pm

    salam kenal… mksh infonya ijin ngopy buwat nambah ilmu juga hoby

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 3, 2011 at 7:45 pm

      Salam kenal juga Puput…. silahkan kalo mau di copy… ^^

    hima-rain said:
    January 15, 2011 at 2:38 pm

    bisa dijadikan gantungan kunci ga??

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 17, 2011 at 10:32 am

      bisa aja, asalkan gantungannya di tanam sebelum clay mengering… tapi saya sendiri belum coba…

    Hika said:
    January 17, 2011 at 6:08 pm

    aku sering bkin clay, tapi susah membentuknya.
    pasti hancur deh di tanganku.
    jdi bentuknya rada gak karuan.
    TT^TTa

    gimana yah cranya bkin clay tapi gak gampang jatoh atau melorot gitu meskipun udh di bikin tatakan?
    apa harus pakai kawat di dalemnya?
    hbis lihat di buku, ada yang bisa tegak gitu claynya.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 18, 2011 at 8:02 am

      mungkin takarannya kurang pas?

    hima-rain said:
    February 6, 2011 at 6:02 am

    o,ya. mau tanya lagi. kapan dimasukkan benzoatnya???
    trus lem putih itu lem fox ya???

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 6, 2011 at 6:23 am

      kalo di buku sih pencampuran benzoatnya pas tepung belum di campur ke lem. Ho oh, lem putih itu maksudnya lem fox… ^^

    hima-rain said:
    February 9, 2011 at 12:06 am

    wah,, i’ll try. thanks 4 info

    Ify Afiat Soeleaman, MR. said:
    February 24, 2011 at 2:08 pm

    Ass. Wr.Wb.
    Salam kenal.
    Saya dah mendorong putri saya yg sedang kuliah di semester pertama untuk mendalami pengolahan dan pembuatan aneka produk dari clay.. saya yakin benyak manfaatnya.

    Wass.
    IAS.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 25, 2011 at 2:16 pm

      Kalo ditekuni, insya Allah hasilnya bagus koq bu Ify… saya juga senang mengarahkan anak2- saya untuk berkreativitas bu… semoga anak ibu sukses yaah… salam kenal juga ^^

    yuni said:
    February 28, 2011 at 10:55 pm

    assalamu ‘alaikum….
    bu… saya coba bikin clay, tapi kok disimpan di plastik claynya jd makin lembek ya, itu kenapa ya?
    trimakasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 1, 2011 at 2:48 pm

      wa’alaykumusalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh… saya juga gitu bu, di-angin2-kan sebentar juga keras lagi. Kalo ga mau terlalu lembek, mungkin waktu penyimpanan cukup di taro di wadah kecil lalu di tutup serbet… *tapi saya belum coba sih penyimpanan kayak gitu

        yuni said:
        March 2, 2011 at 12:54 pm

        gitu ya bu, ak coba deh makasih ya sarannya

    dani said:
    March 20, 2011 at 1:32 am

    coba ah yg penting coab ide bagus kali yayayayyaa sih ya

    Trisa said:
    April 16, 2011 at 5:45 pm

    Tanya donk, kalo dijemur, hasilnya bisa retak-retak ga yah?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 16, 2011 at 8:39 pm

      ga pernah nyoba di jemur, soalnya diangin-anginkan sebentar pun udah langsung kering dan keras… ^^

    Tania said:
    April 20, 2011 at 10:49 am

    salam kenal, ak mau tanya nih, kan aku udah buat clay dari tepung, nah pembuatannya sama pebentukannya berhasil, tapi, waktu aku cat pake pilox bening, kok tambah lembek dan hancur ya? apa aku salah teknik mencat piloxnya? atau clayny perlu d angin2in dulu? makasih

    Ummu 'Aliyyah responded:
    April 22, 2011 at 7:13 pm

    @Tania : terus terang saya pribadi belum pernah coba pake pylox bening (tapi pernah baca untuk final touch bisa pake itu), tentu aja penggunaannya setelah clay selesai dibentuk dan mengeras… ^^

    Hedi said:
    May 4, 2011 at 12:16 pm

    bu, adonan clay nya (yg sudah dibentuk dan bewarna) harus di masukkan ke oven atau cukup diangin-anginkan saja?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 6, 2011 at 9:29 am

      @Hedi : cukup diangin-anginkan aja, ga perlu di oven kayak polymer clay… ^^

    Dwie said:
    May 18, 2011 at 12:43 pm

    kalau hanya tepung maizena + lem putih aja bisa ga?
    Tks

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 19, 2011 at 7:17 am

      @Dwie : InsyaAllah bisa, malah hasilnya akan lebih bagus, jangan lupa ditambah minyak sayur sedikit… dulu waktu pertama bikin clay pun saya cuma pake tepung maizena+lem putih+minyak sayur. Cuma karena harganya relatif mahal (apalagi cuma buat mengisi waktu luang anak-anak), jadi di oplos pake tepung lain ^^

    nurlaela said:
    May 19, 2011 at 9:28 pm

    kl ga pakai benzoat bisa ga ya mba?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 21, 2011 at 6:15 am

      @nurlaela : Insya Allah bisa koq tanpa benzoat pun … ^^

    Nisya said:
    June 7, 2011 at 11:17 pm

    Haloooo
    apa clay ini bisa keras dan tidak lembek seperti plastisin ?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      June 8, 2011 at 6:50 am

      @nisya : clay ini bisa keras koq… ^^

    gustinkd said:
    June 28, 2011 at 2:59 pm

    ass..
    salam kenal,saya uda cba bikin clay,tapi kok adonanny g’ enak y,,g’ punel gto..aku coba bikin kura2,,tapi bdanny masi lembek aja,,kyk kue,,g’ kering,,itu gmn y mb’..apa adonanny yg salah,,padahal uda lengkap,,tapi aku cuman pake tepung + lem putih +pengawet..aja….apa harus pakek lem fox,,aku kmren pake lem putih,tapi merek rajawali,,sama ajakan mb’…
    mohon infony ya…:)

      Ummu 'Aliyyah responded:
      June 28, 2011 at 11:27 pm

      Salam kenal juga ^^… saya belum pernah pake lem putih merek rajawali, biasa pake lem fox. Bisa jadi karena memang merk lemnya yang berbeda. Karena belum tentu komposisi-nya sama meskipun judulnya sama-sama lem putih. Kelebihan lem fox (tanpa bermaksud untuk iklan :p), ketika diangin-anginkan akan mengeras dan berubah warna jadi transparan. Coba deh diganti lem-nya, barangkali kali ini sukses yah ^^

    nia said:
    June 28, 2011 at 3:52 pm

    haloo..
    mau nanya nih, klo bikin pke tepung maizena yg udh kadaluarsa bisa ga ya..??
    soalnya di rumah banyak tepung yg kadaluarsa, sblm dibuang kali aja bisa dimanfaatin..:)
    makasih..

      Ummu 'Aliyyah responded:
      June 28, 2011 at 11:29 pm

      @nia : hehe… ga tau deh bisa ato ga… pake aja yang udah kadaluarsa, yang penting belum dikutu-in :D… lagian clay ini kayaknya bukan untuk dikonsumsi… >_<

    MIta said:
    June 30, 2011 at 12:11 pm

    Saat proses pewarnaan menggunakan cat poster, apakah cat poster boleh dicampur air (maksud saya supaya menghemat cat)?
    Terima kasih.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      July 1, 2011 at 3:42 am

      @Mita : Ga perlu dicampur air, khawatir adonan akan tambah lembek. Lagipula penggunaan cat poster untuk pewarnaannya itu cuma sedikit banget, cukup seujung tusuk gigi… kalo banyak-banyak khawatir warnanya ga cerah ^^

    eghi said:
    July 3, 2011 at 7:14 am

    Ba, saya biasa buat dengan tepung maizena, tepung beras dan tapioka??
    Saya mau tanya klo tepung tapioka itu bisa di ganti dengan tepung apa ya??

    eghi said:
    July 3, 2011 at 7:39 am

    ass, mba saya mau tanya
    Saya biasa buat clay dengan tepung maizena, tepung beras, dan tepung tapioka.
    Klo tepung tapioka bisa diganti dengan tepung apa ya??

    Ummu 'Aliyyah responded:
    July 3, 2011 at 9:45 am

    @eghi : saya belum pernah coba ganti tepung tapioka pake tepung lain… tapi kalo dari tekstur, tepung tapioka mirip sama tepung sagu tani. Silahkan kalo mau bereksplorasi dengan bahan lain…. di tunggu hasilnya yah ^^

    maipura said:
    July 31, 2011 at 4:01 pm

    bisa dibentuk jadi action2 figure gak kira2 ??? pengen coba2 buat jagoan2 sendiri nih.. hehe

      Ummu 'Aliyyah responded:
      August 1, 2011 at 8:12 am

      coba aja dibikin AF-nya, siapa tau sukses… ^^

    Tut Di said:
    August 3, 2011 at 11:05 am

    Salam Bu,

    Klau diperhatikan, itu kan dibuat bagian per bagian ya Bu, misalnya untuk bikin es krim cone, dibuat dulu cone-nya lalu esnya. Nah, cara merekatkan satu bagian clay ke bagian yang lain apakah diperlukan lem? Atau cukup digabungkan begitu saja? Apakah itu cukup kuat? Terima kasih.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      August 5, 2011 at 2:08 am

      @Tut Di : terimakasih sudah bertanya ^^, kalo saya merekatkan per bagiannya dengan lem putih…

    Citra said:
    August 13, 2011 at 8:03 pm

    Assalamualaikum…maaf bu mau tanya, kalo diganti lem lain, lem apa ya yang bisa, yang kira2 harganya lebih murah dari lem fox. terima kasih sebelumnya
    Wassalamualaikum Wr Wb

    Ummu 'Aliyyah responded:
    August 17, 2011 at 10:03 am

    wa’alaykumussalam citra, saya belum pernah nyoba pake lem lain.. ^^

    ivana said:
    September 19, 2011 at 5:55 pm

    clay ini bisa tahan berapa lama???

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 15, 2012 at 6:43 am

      insyaAllah awet banget koq clay ini… bisa jadi sebelum jamuran udah keburu ilang dimainin anak-anak.. ^^

    iqbal said:
    October 7, 2011 at 2:16 pm

    gimana kalau membuat clay tidak memakai pengawet makanan?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      October 8, 2011 at 5:00 pm

      @Iqbal : gpp pak, silahkan aja.. ga terlalu pengaruh juga koq ^^

    Malaya Amethyst As Lavigne said:
    October 18, 2011 at 12:49 pm

    makasih atas tips nya saya mauuu cobaaaa!!!!!!!sip

    Malaya Amethyst As Lavigne said:
    October 21, 2011 at 10:08 pm

    ummu aliyyah maw tanya gmn cara nya supaya clay tidak retak2x dan lembek?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 28, 2011 at 2:53 pm

      @Malaya : yang penting komposisi dan takaran bahannya tepat de’.. ^^

    siti barkah said:
    November 15, 2011 at 10:47 am

    Assalamu’alaikum,
    ummu, aku boleh khan coba bikin sama anak2 di sekolahku …?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 28, 2011 at 2:54 pm

      @siti barkah : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. boleh aja, insya Allah mudah dipraktekkan untuk anak-anak koq… ^^

    diyas said:
    November 22, 2011 at 10:50 am

    saya penggemar no.1 umi aliyyah ^^

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 28, 2011 at 2:56 pm

      @diyas : beuh, jadi gwe’er :p

    motorcycles said:
    December 25, 2011 at 10:06 pm

    kalo pewarnanya pake pewarna apa ya

    Adhiayu said:
    December 29, 2011 at 2:54 pm

    selamat sore mba,,mau tanya untuk ngadonin tepungnya itu pake air atau cukup dengan lem saja?
    terima kasih..

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 3, 2012 at 11:06 am

      sore…^^ ga perlu pake air, cukup lem aja..

    Mahsa R Jordan (@MahsaJordan) said:
    January 10, 2012 at 5:41 pm

    sore, saya sudah berkali-kali bikin, tapi waktu kering warnanya slalu jadi kusam. saya pakai pewarna makanan. itu pwarnanya yg pengaruh, atau mungkin saya terlalu banyak ngasih pewarna? thx :)

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 14, 2012 at 5:39 pm

      Mungkin kebanyakan kasih pewarna, coba kasih pewarnanya secukupnya aja. soalnya setelah kering warna akan lebih matang..

    Alika said:
    January 14, 2012 at 8:52 pm

    halo, saya ada masalah nih pas bikin clay nya.. sy rasa takarannya udah pas tapi malah hasilnya jadi lembek banget, pdhl sy liat di contoh maupun di gambar2 hasilnya keras gitu, salah takaran atau gmn ya..? kbtulan td saya pake takaran tepung maizena tapioka beras masing masing 20gr, trus sy campur 60gr lem putih, jadinya lembek sekali.. mohon bantuannya.. trims.. ^^

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 15, 2012 at 6:41 am

      Bisa jadi takarannya yang belum pas… dan kebetulan saya belum pernah menakar 2 sdm tepung menjadi ukuran gram (jadi ga tau 2 sdm tepung itu berapa gram)… ^^

        Lucy said:
        February 25, 2012 at 9:07 am

        Saya udah nyobain adonannya pak Harie, hasilnya siip..agak sedikit kering sih, jadi saya tambahin baby oil dan skin food cream Viva sedikit, jadinya pas banget..makasih mba, blognya mba isinya mantapp..salam kenal, ya..

      harie said:
      January 21, 2012 at 6:56 am

      Sekedar berbagi info nih.,
      Ak jg br belajar soal bikin clay.,
      Kbetulan cari2 sndiri formula bikin adonannya.,
      25gr tapioka
      20gr maizena
      20gr tepung beras
      50gr lem fox
      1sdt benzoa (pengawet makanan)

      Setelah bahan dicampur dan diuleni, klo msh ngerasa lembek tambah tapioka dan uleni lagi, tambahannya dikira2 aja.,
      *jgn pakai terigu, krn warna terigu kusam.,
      Sblm kasih warna, sebaikanya diberi warna putih dlu.,
      Adonan asli tanpa diberi pewarna putih nnt pas keringnya warna clay akan brubah agak gelap, jd sblm dikasih warna2 yg menarik adonan kita ksh warna dasar putih

      Senangnya berbagi.,
      Smoga bermanfaat., :)

        Ummu 'Aliyyah responded:
        January 28, 2012 at 5:15 pm

        Terimakasih pak.. ^^

        hilda said:
        October 4, 2014 at 7:53 pm

        Mohon maaf saya ingin bertanya, warna putihnya menggunakan apa ya? Cat poster kah? Terimakasih

    saiful said:
    January 19, 2012 at 12:04 pm

    Kalo boleh nanya, harga cat posternya berapa?
    saya dapat buat beberapa.. cuma waktu gabungkan beberapa warna hasilnya warnanya agak menyatu dengan warna laen(contoh: warna biru ditempel dg warna merah, pertemuan claynya ada campuran warna biru dimerah).. solusinya gimana?
    alika@ saya pernah juga hasilnya lembek.. tapi bisa agak keras kok.. caranya tambahin aja tepungnya.. ulenin ampek rata..

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 19, 2012 at 12:58 pm

      @saiful : beda merk beda harga pak… saya pake merk sn*wman, harganya 1 set 50-60ribuan kayaknya. Itupun pemakaiaannya sedikit banget, cuma seujung tusuk gigi. Mengenai kombinasi warna, saya belum pernah coba campur-campur warna, jadi ga tau hasilnya. Tapi kalo mau warna yang kombinasi, mungkin bisa coba kedua warna disatukan di wadah kecil terlebih dahulu, lalu aduk.. baru hasilnya di campurkan ke tepung…

    Rahma Wati said:
    January 28, 2012 at 2:58 pm

    klu claynya setelah dikeringkan retak2 itu biasanya penyebabnya apa ya nte?

    Ummu 'Aliyyah responded:
    January 28, 2012 at 5:14 pm

    @rahma wati : wah ga tau saya… ^^

    Modeller miniatur said:
    January 28, 2012 at 6:10 pm

    Wah mbak ini, masak tepung mahal2 kok cuman buat mainan doang,…
    mending buat saya aja, biar saya bikin kue… hehe..
    Mungkin untuk tepung diganti aja pakai “talk” harganya cuma 3 ribu per kilo,
    dibelinya di Toko Kimia, bentuk fisik “talk” ini mirip dengan tepung organik..
    Kalau pas beli bisa bilang,ada “talk untuk campuran resin” gitu…
    coba aja, lebih murah kan bahan bakunya.. ndak rugi kalo buat mainan.. hehe..
    ntar bisa coba bikin patung jupe pake baju ondel2 hehehe..

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 29, 2012 at 9:53 am

      @modeller miniatur : hehe, boljug ide-nya :D *maksute ide yang ganti tepung pake ‘talk’ lho, bukan yang ide bikin patung orang pake baju ondel2 :p*

    rarasetya said:
    January 29, 2012 at 4:30 pm

    dri dlu aku pgn bgt bu bkin clay,,, tpi udah bbrp kli gagal trus ,,, adonan saya lembek,,,udah saya tambah tepung msh aja lembek,,, sebenarnya terktur adonanya tu gmna to bu,,?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 1, 2012 at 8:46 am

      @Rarasetya : kelembekan adonan mirip sama adonan roti, asalkan engga nempel di tangan ‘n bisa dibentuk, insya Allah cukup.

    Candra said:
    January 31, 2012 at 10:17 pm

    mau nnya dong catnya pakek cat apa yah? maksudnya cat poster itu apa?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 1, 2012 at 8:48 am

      @candra : cat poster banyak koq di toko buku… coba tanya ke yg jual ^^

    Muhammad Ainul C said:
    February 5, 2012 at 12:08 pm

    mbak….

    saya mau tanya ni….
    klo misal clay-nya di buat stopmotion (vidio dr kmpulan foto) kn bisa tu….
    tapi kayak.e clay tu bisa mengeras ya…..
    nah…. bikin Clay agar tetep lembek / gk mengeras, tu gimana ya mbak..????

    tolong di jawab ya mbak…..hehehehe
    trima kasih…..

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 8, 2012 at 2:53 pm

      tanya yang lebih ahli aja pak…. (saya ga tau jawabannya soalnya :D)

    Nanita Ringga Prakusya said:
    February 12, 2012 at 10:08 am

    lem nya itu pake lem apa? merek nya apa?

    distrokaosmurah said:
    February 13, 2012 at 10:57 pm

    pakai lem kayu ya?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 15, 2012 at 4:32 pm

      @Nanita Ringga Prakusya dan @distrokaosmurah : saya pake lem FOX.

    Salpa said:
    February 16, 2012 at 8:10 am

    Aslm ibu,
    Dtmpt sya Pkanbru Riau, pwarna yg dgunakan adlh pwarna mkanan, ktany biar ad aroma jg, spt pandan pasta n laen2, blh?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 27, 2012 at 9:42 am

      @salpa : ga takut di makan anak-anak? kan ada unsur lem-nya… nanti dicaplok anak2 gimana? ^^

    Nanita Ringga Prakusya said:
    March 10, 2012 at 12:11 pm

    Aslm Ummu Aliyah …

    Lemnya lem putih ( Lem Fox ) kan bau kecut

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 16, 2012 at 10:53 am

      @nanita : iyah… tapi kalo udah kecampur tepung ga terlalu bau koq… apalagi kalo udah kering ^^

    YURI said:
    April 6, 2012 at 8:33 am

    GIMANA KALAU LEM FOX nya DIGANTI MA LEM RAJAWALI, BISA GA’ SIH?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 16, 2012 at 10:55 am

      @yuri : Saya belum pernah coba pake lem rajawali, jadi ga tau bisa atau ga’nya ^^

    ayah deo said:
    April 14, 2012 at 10:10 am

    aku pernah bikin tapi kok gak bisa pulen…klo dah kering kok malah pecah2 …mungkin kurang ya adonanya

    Henny Namaqu said:
    April 30, 2012 at 1:22 pm

    mba, ijin share ya, makasih ^__^

    ceper said:
    May 6, 2012 at 8:33 pm

    askum …
    saya bkin clay kug hasil y
    1. mudah jamuran
    2. lembek dan tidak bisa keras hasil nya
    mhon bantuan y ,, gmn cara mengatasi masalah di atas ?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 21, 2012 at 5:22 pm

      @ceper :

      1. Clay jangan dicampur air dan setelah mengeras dan kering, segera lapisi cat akrilik atau cat kuku transparan.
      2. Mungkin komposisi tepungnya masih kurang tepat (?)

    Nabilla said:
    May 18, 2012 at 11:22 am

    Assalamualaikum wr. wb
    kalau cari benzoat dimana ya?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 21, 2012 at 5:27 pm

      @Nabila : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh… coba di toko bahan kue biasanya ada, karena benzoat kan sejenis pengawet makanan, wallahu a’lam…. ^^

    Deiny Setyawan said:
    May 21, 2012 at 2:43 pm

    assalamualaikum ummu ,
    saya mau bertanya , bisa tidak kalau pewarna clay.nya diganti ? selain cat poster gitu. kalau cat poster itu terlalu mahal buat saya. terima kasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 21, 2012 at 5:31 pm

      @Deiny Setyawan : Sekedar info aja yah pak, Cat Poster itu dijual ketengan di toko-toko buku, harganya per botol kecil itu Rp. 3.000 – Rp. 6.000, dengan pemakaian 1x colekan tusuk gigi, 1 botol bisa digunakan hingga puluhan kali… tapi silahkan kalo bapak mau coba pewarna lain, misalnya pewarna makanan… ^^

    Therecia said:
    May 22, 2012 at 10:38 am

    Hai Salam Kenal
    Saya mau Tanya Kalo claynya udah selesai bisa tahan berapa lama ya?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 25, 2012 at 11:17 am

      @Therecia : Salam kenal juga Therecia ^^. Lumayan lama awetnya, bikinan saya malah tahan sampe berbulan-bulan ‘n keburu ilang karena dimainin anak-anak ^^

    나탈리아 찬드라 (@AngeLeeteuk_Nat) said:
    June 5, 2012 at 4:05 pm

    haii.. saya mau tny, clay itu kalo di bikin bentuk cupcakes, kan biasanya pake cream tuh, cream nya bisa pake decoden cream?, sama klo pake pewarna makanan bisa? klo disimpan di kotak plastik gitu gppa? kamsahamnida^^

    fhirapadila said:
    June 6, 2012 at 11:42 am

    thanks yaachh…
    infonyaa nambah pengetahuan….:)

    yuan said:
    June 10, 2012 at 10:32 pm

    kalo warna kulit pakai pencampuran warna apa ya?

    nay avicienaa said:
    July 30, 2012 at 1:48 am

    sangat membantu saya yang buat hadiah,, hehhe saya akan mencobanya..

    Rina said:
    September 3, 2012 at 2:22 pm

    Mbak saya pengen belajar langsung boleh tidak ya, soalnya sy juga tinggal di daerah rawalumbu, bekasi..trims..

    Umi Nisa said:
    October 3, 2012 at 9:23 pm

    ktanya tmn” ku di kasih baby oil, biar gk lengket adonannya,
    bnr gk sih? atau malah salah?
    mksh :D

      Ummu 'Aliyyah responded:
      October 10, 2012 at 4:38 pm

      @Umi Nisa : ga tau juga… ga pernah coba saiah.. hehe… ^^

    anisa said:
    October 19, 2012 at 4:34 pm

    boleh tanya tante?
    kalau cat poster diganti pake cat air bisa tidak yah?
    makasih :)

    succi said:
    October 22, 2012 at 4:00 pm

    mau tanya cat atau pewarnanya itu pake pewarna apa ya ?

    bagas said:
    November 4, 2012 at 1:50 pm

    assalamualaikum bu saya mau nanya buat pewarnanya lebih bagus pake pewarna apa?

    jamboel said:
    November 17, 2012 at 11:23 pm

    Klu bikin boneka yg gede efektip gak ya ?

    jamboel said:
    November 17, 2012 at 11:36 pm

    Kira2 klu dah kering ,ukuran clay mengecil & lumayan thn pecah ga .sukrooon jwbnya mbk .

    talbiya said:
    December 30, 2012 at 12:10 pm

    ummu, berati ga di campur ama air sedikitpun ya? hanya pake lem?

    Amy eldjanitra said:
    January 5, 2013 at 5:38 pm

    Informasinya sangat berguna,,,

    Stefanie said:
    January 24, 2013 at 1:21 pm

    Mba, kalo warnainya pake cat air bisa ngga? :)

    Ummu 'Aliyyah responded:
    January 27, 2013 at 8:46 am

    @Stefanie : sebisa mungkin dihindari pemakaian air, krn clay bakalan gampang jamuran..

    Lisbeth said:
    February 11, 2013 at 2:41 pm

    kalo udah jadi gitu, claynya bakalan tetep keras apa bs lembek lg?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 24, 2013 at 5:37 am

      @Lisbeth : Tetep keras mba …

    zenatic said:
    February 19, 2013 at 9:09 am

    TALK itu apa sih? belinya dimana ya?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 24, 2013 at 5:38 am

      @Zenatic : kita ga pake TALK

    sonia angraini said:
    March 21, 2013 at 12:47 pm

    Kalo pewarna ny dignti pewarna mknan bgs gk mbk ?

    Veve said:
    March 23, 2013 at 2:55 pm

    adonan kenapa kembung dan retak sewaktu pengeringan ya??? seperti kue yg mengembang gt…dan bila diberi pengawet knp warnanya sangat jelek dan belang setelah kering??? padahal saya pakai cat poster selain itu takaran saya juga sudah persis sesuai resep…

    mey said:
    April 7, 2013 at 9:13 pm

    saya pernah coba tapi adonannya malah ga menyatu, apa takarannya salah ya??
    boleh tidak benzoat di campur langsung dalam adonan tepung dan lem??
    terimakasihh :)

    iwan qoruw said:
    May 7, 2013 at 2:44 pm

    sama nggk si lembeknya kaya plastisin lilin warna klo plastisin kan dibentuknya enak bisa detil, kalo tpung gmn ?
    spertinya agak kenyal ya ?

    prongsscfcs said:
    June 11, 2013 at 1:48 pm

    Reblogged this on Belajar Nulis.

    hazza (@InayaMeidiana) said:
    November 2, 2013 at 4:53 pm

    assalamualaikum :) maaf mau nanya, cuman ga ngerti , itu takaran minyaknya berapa? biar ga pecah saat kering bukan? hehe

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:39 pm

      Saya ga pakai minyak, mba hazza.. Alhamdulillaah ga pecah pas kering… ^^

    Findrias Putri said:
    November 19, 2013 at 8:00 pm

    bagaimana caranya menempelkan gantungannya?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:34 pm

      Sebelum kering di tusuk di ujung hasil clay pake tusuk gigi mba Findrias Putri ^^

    cahaya cinta Mu said:
    March 19, 2014 at 12:10 pm

    thankz sangat membantu,,

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:32 pm

      Sama-sama mba Cahaya Cinta Mu .. ^^

    Syaky Putra said:
    May 7, 2014 at 1:33 pm

    Ass mba, buat clay yg than lama t gmna n thannya max brpa hari kpngen buat AF buat pjangan tpi tkuty gx than lma ………………
    mkasih……

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 28, 2014 at 7:50 pm

      ini lumayan awet koq de syaky putra, bisa hitungan bulanan selama ga lembab atau kena air…

    Salsabila Syaula said:
    May 10, 2014 at 12:06 pm

    Aku pernah nyoba bikin ,, tapi gak pake lem sama pengawet ,, itu kira” awet gak yaa? Thx

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 28, 2014 at 7:48 pm

      belum pernah coba yang ga pake lem atau pengawet, jadi saya ga tau, mba salsabila syaula ^^

    Angel said:
    May 24, 2014 at 6:26 pm

    Umm….
    Kalau merek lem putihnya apa ya? Lem Fox bukan?

    Angel said:
    June 6, 2014 at 5:22 pm

    Saya coba, tapi kenapa ya, tepungnya tidak mau rata dengan lemnya?

    shafamia salsabilla agustin said:
    June 19, 2014 at 4:11 pm

    Lem 2 kantong tuh maksudnya segimana?

    tyanie said:
    July 2, 2014 at 12:50 pm

    Keren idenya ♏ǝΰ coba praktek di rumah. O Ɣª numpang promo Ɣª bunda Ƙåζ‍‍ő ​ª∂ά ​ yg ♏ǝΰ tampil langsing pas hari raya kunjungi http://www.istana-nutrisi.blogspot.com

    Lovely Cookie said:
    July 9, 2014 at 2:55 pm

    benzoat belinya dimana ya??,,, di supermarket ada atau enggak?? thx

    salma amatya said:
    August 1, 2014 at 10:16 am

    Maksudnya lem nya itu yg cair apa warnanya putih kental.

    sofa imama said:
    August 24, 2014 at 12:03 pm

    Assalamu’alaikum,,,
    Umi,,,aku mau tanya,,kalau bikin orang-orang-an cara bentuk matanya pake apa.?trus bisa berapa lama keringnya,,?bisa ggak bentukx pake catter nnt kalu udah kering…?

    aprilialaylii said:
    September 29, 2014 at 1:24 pm

    saya sudah mencoba resep persis yang telah disebutkan ummu aliyyah di atas berkali kali, tapi hasilnya saat kering adalah retak semua.
    ternyata, setelah saya tambahkan parutan sabun batang dan hasilnya mulus.
    apakah anda juga memakai sabun sebagai bahan?

    lila said:
    November 6, 2014 at 2:41 pm

    mba kalo di oven kok malah lembek ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s