Tag Archives: anyaman

Menjahit Kardus (Cardboard Sewing)

Standard

Mungkin anak-anak kelas 6 bakal blenger dengan benang wol secara proyek kita belakangan ini selalu pake benang. Kapan lalu kita bikin anyaman piring, sekarang kita menjahit kardus, dan tetap menggunakan benang wol.

Ngeliat hasil yang udah jadi persis banget sama op-art, cuma bedanya op-art hanya gambar dan garis di atas kertas, sedangkan yang ini kita pakai benang wol untuk menyambungkan garis-garis.

Sebenernya simpel banget, cuma karena kelasku laki-laki semua, dan tipikal mereka memang ga suka yang repot, jadilah, mesti ekstra perhatian sama mereka dengan proyek-proyek model gini. Ada beberapa anak yang kerjaannya rapi jali, yang lainnya berantakan ga karuan padahal mereka tau caranya. Cuma mungkin karena proses pembuatannya memang butuh ketelitian dan ketelatenan, jadi mereka udah terlanjut bete ngeliatnya.

Pertama, bikin alasnya dengan menggunakan kardus bekas ukuran 20x20cm . Tandai dengan pulpen dengan jarak masing-masing 1 cm sekeliling kardus. Bolongi titik tersebut dengan pushpin. Masukkan benang wol ke dalam jarum sulam, lalu jahit.

20150824_101553

20150824_101636

Ada juga kisahnya anak yang jelimet dengan benang kusut :p seperti di bawah ini :

20150824_103514

Atau kisah anak yang menyerah dan memutuskan untuk menjahit sesuai ‘selera’nya, hehe.. 😀

20150824_103723

So far, banyak juga yang sukses meski lelah berjibaku dengan kusutnya benang ^_^. Pantang nyerah.

20150825_015907

20150825_212116

Ada anak yang ibunya sampai bela-belain nge-wa (whatsapp) cuma buat konfirmasi hasil karyanya 😀

IMG-20150825-WA0008

Advertisements

Anyaman Ikan

Standard

Kalo ngeliat anyaman ikan ini jadi inget bikin kulit ketupat. Rada mirip soalnya. Tapi kalo di suruh bikin kulit ketupat, suwer ga bisa. Dulu waktu kecil sering diajarin bikin, tapi engga pernah sukses. Sampe sekarang pun kalo ngeliat kulit ketupat, seringnya sedih karena dia adalah salah satu ambisi yang tak tersampaikan. Biarlah keinginan itu tertutup puing-puing masa lalu, marilah kita sambut hari esok yang cerah dengan senyuman #eaaa.

Bikin ini sebenernya ga susah-susah amat, cuma butuh ketelitian tingkat tinggi aja karena kalo keselip satu langkap, bakal bubar semua. Tadinya sempet ga pede anak-anak bakal selesai, tapi ternyata sebagian besar bisa, alhamdulillaah.

Aku ngeliat tutorialnya di buku pegangan SBK kelas 6 SD, entah terbitan tahun kapan.

Well, cekidot karya anak-anak ^^.

20150814_140445

20150814_140233

20150814_140139

20150814_140207

Anyaman Dari Koran Bekas

Standard

#LatePost

Ini harusnya udah di posting di sini dari kapan lalu, tapi secara bu gurunya ribet bin rempong bingits, boro-boro sempet nengok blog, buat makan aja kadang ga pake dikunyah saking buru-burunya 😀 tapi intinya kan ditelen yaks. Tapi suwer meski postingan lama, tapi hasil karya anak-anak ini lumayan loh, apalagi untuk ukuran anak kelas 7, ane aja belum tentu bisa telaten bikin ginian gan… >_< .

Karena tahun lalu SBK di pecah jadi 2 mengikuti kurtilas, jadi Pelajaran Seni Budaya dan Pelajaran Prakarya terpisah, masing-masing punya 2 JP, jadi untuk Prakarya rada buru-buru bin instant pembuatannya. Untuk proyek ini masuk ke Prakarya, anak-anak diminta ngelintingin koran dulu dari rumah, baru dianyam di sekolah, kalau ga selesai, dijadikan PR atau dilanjutkan pekan depannya. Waktu mereka membuat ini, sempet aku foto, tapi pas proses pewarnaannya ga sempet. Baru kemaren sore inget karya anak-anak ini udah dipake buat wadah macam-macam alat di kantor guru SMP.

ini ketika proses pembuatannya :

1739876_402716569876165_946348821_n

Nah, untuk pewarnaannya kita semprot pake cat pylox aja supaya cepet ^^. Nah ini hasil karya mereka yang sudah jadi.

20150812_095000

20150812_095022

20150812_095043

20150812_094935

Menganyam dengan Kardus Bekas

Standard

Masih tentang materi anyaman, kali ini kita bikin anyaman dari kardus bekas. Peralatan yang dibutuhkan sederhana saja, cukup kardus bekas ukuran 20x30cm, benang wol dan gunting.
Ujung-ujung kardus kita gunting sebanyak bilangan ganjil, kemudian kita pasang stringnya. Barulah kardus bisa kita anyam dengan cara memasukkan benang ke dalam jarum sulam terlebih dahulu. Bila dibandingkan dengan anyaman piring plastik, anyaman kardus ini lebih membutuhkan banyak ketelitian dan kesabaran, dan harus selalu memperhatikan kekuatan tarikan tangan, karena bila terlalu kuat, anyaman akan menciut di bagian tengahnya.
So Far, cukup bagus, meski cuma 3 anak yang mampu menyelesaikan sampai ujung, itu pun karena di buat pr. Karena membuat ini ternyata butuh waktu yang lama bila menggunakan benang wol. Supaya cepat, mungkin bisa pake tali tambang kapal 😀

20150312_084029
20150312_084023
20150312_084014