Tag Archives: kardus

Menjahit Kardus (Cardboard Sewing)

Standard

Mungkin anak-anak kelas 6 bakal blenger dengan benang wol secara proyek kita belakangan ini selalu pake benang. Kapan lalu kita bikin anyaman piring, sekarang kita menjahit kardus, dan tetap menggunakan benang wol.

Ngeliat hasil yang udah jadi persis banget sama op-art, cuma bedanya op-art hanya gambar dan garis di atas kertas, sedangkan yang ini kita pakai benang wol untuk menyambungkan garis-garis.

Sebenernya simpel banget, cuma karena kelasku laki-laki semua, dan tipikal mereka memang ga suka yang repot, jadilah, mesti ekstra perhatian sama mereka dengan proyek-proyek model gini. Ada beberapa anak yang kerjaannya rapi jali, yang lainnya berantakan ga karuan padahal mereka tau caranya. Cuma mungkin karena proses pembuatannya memang butuh ketelitian dan ketelatenan, jadi mereka udah terlanjut bete ngeliatnya.

Pertama, bikin alasnya dengan menggunakan kardus bekas ukuran 20x20cm . Tandai dengan pulpen dengan jarak masing-masing 1 cm sekeliling kardus. Bolongi titik tersebut dengan pushpin. Masukkan benang wol ke dalam jarum sulam, lalu jahit.

20150824_101553

20150824_101636

Ada juga kisahnya anak yang jelimet dengan benang kusut :p seperti di bawah ini :

20150824_103514

Atau kisah anak yang menyerah dan memutuskan untuk menjahit sesuai ‘selera’nya, hehe.. 😀

20150824_103723

So far, banyak juga yang sukses meski lelah berjibaku dengan kusutnya benang ^_^. Pantang nyerah.

20150825_015907

20150825_212116

Ada anak yang ibunya sampai bela-belain nge-wa (whatsapp) cuma buat konfirmasi hasil karyanya 😀

IMG-20150825-WA0008

Advertisements

Membuat Kapal Dari Kardus Bekas

Standard

Yups Yups, sesuai janjiku untuk bikin tutorial kapal dari kardus bekas yang kemarin baru aja aku dan anakku bikin, namun qadarullaahu ternyata karena saking seriusnya bikin jadi ada beberapa tahapan yang terlewat untuk di foto. Sebenarnya ini tugas dari guru anakku, untuk bikin perahu dari kardus bekas bersama ayah atau ibu, sempet gontok-gontokan juga sama si bocil ttg pemilihan warna atau bentuk finishingnya, tapi emang ini aslinya tugas siapa coba >_< koq bisa emaknya ga mau ngalaaah! Arrgghh! Dan maaf juga karena ngerjainnya malam hari, jadi gambarnya ga jelas agak remang-remang plus tidak di watermark. Yeah, riskan banget di catut orang. Biarlah.

Tahap pertama, siapkan bahan-bahannya. Cukup  2 kardus bekas air mineral, cutter, gunting tajam, selotip, lem fox, kertas origami, pensil.

Buat pola untuk alas bagian bawah kapal : 20150610_142833

Kemudian, buat lah untuk sisi-sisinya 2 buah, untuk sisi kanan dan sisi kiri. 20150610_143741

Nah, kemudian tempel sisi-sisinya dengan selotip : 20150610_144919

Setelah itu, cetak karton kedua untuk bagian atas kapal, lalu gunting, kemudian tempelkan di atas bagian kapal dengan memberi 1 cm jarak dari ujung kardus. Bingung? Yaks, liat aja gambarnya yah.. hihi, ada penampakan kaki si bocil cil cil.. 😀 20150610_145624

Selotip seluruhnya sampai terbentuk bagian badan kapal. Dari kardus yang tersisa, buatlah kotak kecil, lalu tempelkan di bagian atas kapal dengan selotip. 20150610_152134

Nah, setelah itu, barulah seluruh kapal kita lapisi dengan kertas origami. Caranya, oleskan seluruh permukaan kapal dengan lem fox, kemudian di lapis kertas origami secara hati-hati.

20150610_161402

Beri Hiasan pada badan kapal, misalnya kita bikin ban penyelamatan, jendela, pintu, setir nakhoda, dll.

20150610_162846

20150610_164305

20150610_165106

20150610_191226

20150610_203414