Category Archives: Kreasi Aliyyah

Bermain Manik-manik (Beads)

Standard

Membayar janji ke Rahma, Adek kelas di kota Raha, yang pengen ngeliat aktivitas anakku bikin gantungan kunci dari manik-manik. Sebenernya manik-manik ini siap pakai, di jual 1 set dari mulai cetakannya, manik-maniknya, alas gosoknya, dan pinset plastiknya. Jadi ga sembarangan manik-manik bisa dijadikan gan-ci dengan teknik ini. Tapi waktu anakku bikin ini bareng-bareng, mereka excited banget. Sayang banget karena beadsnya ga dijual terpisah, jadi kalo beadsnya abis, ya wassalam semuanya.

Nah, tahap pertama, susun manik-manik sesuai pattern yang diminta (pattern sudah tersedia).

20150628_093748

20150628_093750

20150628_093755

20150628_091543

Setelah jadi, bisa langsung di setrika. Jangan lupa, pasang dulu alas gosoknya supaya manik-manik ga nempel.

20150628_091721

Nah, tunggu panasnya hilang, langsung bisa dipasang gantungan kuncinya. ^^

20150628_092202

20150628_092417

My Children Activities recently ^^

Standard

Udah luamaaa bangets ga posting sesuatu yah… Entah yah… kayaknya belakangan kondisi badan lagi nurun (cepet lelah gitu deh yee :p), lagi ga bersemangat, jadi rada males nyentuh komputer dan modemnya. Padahal aktivitas sama aja kayak kemaren-kemaren, dunno why.

Ni juga rada ‘awang-awangan’ update blog, cuma supaya blog ini ga terlalu vakum… aku kirimkan beberapa aktivitas anak-ku sehari-hari di rumah. Ada Ibrohim yang ‘maksa’ ngebantuin bakar ikan, ada Ahmad dengan figura korek api-nya, ada Aliyyah dengan kue bikinannya…. nah, supaya ga memakan waktu lama.. kita liat aja aktivitas mereka ^^.

 

[Tutorial] Mendaur Ulang Lapis Surabaya..

Standard

Eh, hari ini koq judulnya rada aneh yah.. memang bisa Kue Lapis Surabaya di daur ulang? Bisa dong… hehe…

Jadi ceritanya gini *bakalan panjang nih, xixi..* anak-anakku engga terlalu suka dengan bolu coklat yang ada di tengah lapis surabaya. Mereka sukanya yang warna kuningnya. Jadilah, tiap makan lapis surabaya, kue itu selalu dipreteli dan yang coklat di sisihkan. Sedangkan aku, ga terlalu suka kue bolu dan ga ada minat sama sekali untuk ngabisin sisa-nya.

Akhirnya aku memutuskan untuk men-daur ulang bagian coklatnya supaya anak-anak mau ngabisin kue-nya. Nih, tips dan triknya… cekidot ­čśÇ

Bahan yang di butuhkan :

1. Kue Lapis Surabaya

2. Garpu Kecil

3. Meisjes warna-warni

4. Coklat Blok yang sudah dicairkan/di tim

5. O iya, kelupaan… Sterofoam (optional )

 

Caranya :

1. Potong kue lapis Surabaya berbentuk kotak, lalu tusuk dengan garpu plastik

2. Celupkan ke dalam Coklat Leleh

3. Gulingkan pada Meisjes warna-warni

4. Tusuk pada stero foam, dan tunggu hingga coklat mengeras

5. Setelah coklat mengeras, bisa dipindahkan ke stopless… yummy…. ┬ájadi keliatan menarik kan?

 

Sekalian, dikasih bonus foto kehebohan anak-anak bikin kue ini… Seruu… ^^. Aliyyah tangannya masih item-item pake black henna ­čśÇ

 

 

Bikin Dulu Kue-nya, Baru Liat Resepnya… ^^

Standard

Nih repotnya punya umi ga sabaran. Akhir pekan langsung narik anaknya ke dapur ngajak bikin brownish dan menyiapkan bahan (Alhamdulillah-nya udah ready stock tuh bahan kue :D). Prosesnya sih simpel banget, hampir 50 persennya dikerjakan Aliyyah. Dari tuang ini tuang itu, oles sana oles situ, kocok ini kocok itu, aduk ini aduk itu… langsung di masukin ke oven. Pas udah masuk oven, umi-nya baru sadar kalo bikin kue-nya cuma ngandelin feeling dan tanpa liat takaran resep, ┬áckckck….. pas kue udah masuk oven, baru deh ‘engeh kalo punya banyak buku resep ┬átentang brownish. Dan qadarullaah, pas di liat ternyata takarannya semua beda! Haddooh…. rada panik, beberapa kali ngintips2- oven takut gagal… akhirnya : Alhamdulillahiladzi bi nimatihi tatimmushalihah, ENAK :D. Yaa mungkin karena takarannya cuma beda-beda tipis dengan bahan yang persis kali yah, makanya sukses bi-idznillah… :p

Alhamdulillah, ujan-ujan kayaknya paling enak nyicip brownish bikinan Aliyyah… ^^

Donat Flanel bikinan Aliyyah ^^

Standard

Setiap hari ngeliat umi-nya berjibaku dengan kain flanel *ciyee*, ternyata rasa penasarannya terketuk jua, xixi… Akhirnya Aliyyah memberanikan diri meminta umi-nya untuk mengajarinya bikin donat dari kain flanel…. toppingnya pun dia bikin sendiri… Kalo Ahmad, pas nyoba bikin donat ini malah uring-uringan, bete banget dia ngadepin detil-detilnya. Apalagi benangnya sering copot dari jarum, wuih…. esmosi jiwa-nya langsung membuncah, dan jadilah umi-nya sasaran dari kemarahannya…. xixi, Ahmad… Ahmad, mbok yaa terima aja toh le kalo kamu ga cocok bidang ┬ájahit-menjahit… ^^

[Edisi Liburan Sekolah] Bermain Cat Air…

Standard

Next Day.

Setelah kemarinnya mampir ke rumah umahat dekat rumah sambil bawa lem kayu, berbagai macam tepung, cat poster… lalu puas mengacak-acak rumahnya sambil membuat burger dan buah-buahan dari clay tepung dengan melibatkan anak-anakku, anak-anaknya dan beberapa anak tetangganya.. memenuhi ruang tengah rumahnya dengan butiran-butiran tepung, membuat lengket perabot dapurnya dengan lem kayu, lalu masih pula numpang makan opor ayam bikinannya … *kapok deh tuh di datengin kita-kita… xixixi…

Dan pada liburan kali ini anak-anak pun menjalani pengalaman pertama mereka riding a horse. Testimoni mereka sih : enak banget naik kuda.. *ngiri ah, secara Uminya belom pernah ngerasain naik kuda :p. Tapi gpp-lah, yang penting mereka senang dan anakku yang paling kecil, ┬áIbrohim, terpuaskan ambisi-nya untuk megang dan ngelus2- kuda beneran. Yang tua ngalah aja gitu sih.. hehe…

Jadi, acara dadakan hari ini, kami akan bereksplorasi warna ┬ádengan bermain Cat Air di Rumah sendiri dengan syarat… SEMUA HARUS DIRAPIKAN SENDIRI and No Ngerepotin Orang Lain… ^^
Umi cuma menonton dari kejauhan sambil senyum2- ngeliatin mereka rebutan lapak cat airnya dan main air sepuasnya setelah itu…

beuh, dasar anak-anak… ~_~