Ladybug’s Life (Mengenal Kepik)

Standard

Waktu aku potong tanaman pagar depan rumah yang mulai menjalar.. Ibrohim ketemu sama serangga kecil berwarna merah dan berbintik hitam. Dia senang banget ngeliatnya, langsung tanya binatang apa namanya. Makanya aku memutuskan untuk mengajaknya lebih mengenal binatang ini. Ayo kita intips proses pembelajaran Ibrohim tentang serangga yang satu ini, yaitu Kepik (bahasa inggrisnya LadyBug) :

Pertama, aku bikin lingkaran merah besar dari kertas asturo dan menempelnya di atas kertas HVS. Kemudian, aku potong lingkaran kecil-kecil berwarna hitam. Aku biarkan Ibrohim menempelkan dot-dot berwarna hitam itu di atas lingkaran merah seakan-akan membentuk motif serangga kepik.

Kemudian, aku membuat beberapa kepik di atas daun, lalu aku meminta Ibrohim untuk menghitung jumlah kepiknya. Kemudian aku memintanya mewarnai angka di sebelah gambar. Secara Ibrohim belum mengenal  angka… maka dengan cara ini aku mengharapkan semoga dia lebih mengenal bentuk-bentuk angka dan jumlah benda yang sesuai dengan angka tersebut.

Untuk lebih dalam mengenal kepik, aku membuat sebuah worksheet lagi yang menunjukkan makanan kepik. Sengaja aku membuat beberapa gambar makanan binatang lain yang tidak sesuai, dengan harapan Ibrohim bisa memilih yang paling benar dengan cara menarik garis lurus dari gambar kepik ke gambar makanan yang sesuai :

Rada khawatir apakah yang aku bikin makhluk hidup atau bukan, tapi kata Abu Aliyyah… “gambarnya kan ga pake mata”. Iya memang selintas terlihat seperti kepik, tapi tanpa mata… gambar itu hanya terdiri dari lingkaran-lingkaran berbeda warna yang keliatan seperti motif kepik.. Wallahu a’lam. Bila memang kami salah, semoga Allah Azza wa Jalla mengampuni kami… Allahummaghfirlana… >_<

2 responses »

Leave a Reply

