Mengenal Magnet

Standard

Terinspirasi dari blog Ummu Umamah, akhirnya hari-hari terakhir liburan anak-anak diisi dengan Proyek Sains tentang Magnet. Kebetulan di dekat rumah ada Sains Graha, toko yang menjual berbagai macam alat peraga untuk keperluan eksperimen sains. Ternyata….. Magnet batangan tidak semurah magnet yang untuk tempelan kulkas, xixi….. tapi, udah kadung di-skedul nih proyeknya, mau ga mau proyek harus jalan teruss >_<

Pertama, siapkan bahan utamanya dulu :

Kita bisa menyiapkan beberapa benda lain pada sebuah wadah, benda yang bentuknya kecil dan mengandung bahan pembuatan yang berbeda-beda, semisal gunting kuku yang berbahan besi, bola kecil berbahan karet, koin berbahan aluminium, sisir berbahan plastik, dsb. Lalu, siapkan 2 wadah lain, satu untuk meletakkan benda-benda yang bisa di tarik magnet, dan yang satunya untuk benda-benda yang tidak bisa ditarik magnet :

Berhubung anak-ku ada 3, maka aku bagi tugas untuk masing-masing mereka ^^. Untuk Ahmad, tugasnya menempelkan semua benda pada batang magnet, Sedangkan Aliyyah, tugasnya membuat laporan dan membuat kesimpulan dari hasil eksperimen di atas. Seperti ini bentuk laporannya :

Sedangkan untuk Ibrohim, aku buatkan laporan yang lebih sederhana. Aku buat gambar beberapa benda yang telah aku siapkan pada wadah, lalu Ibrohim akan menghubungkan gambar magnet pada benda yang bisa ditarik Magnet dengan spidol warna biru, dan warna orange untuk benda yang tidak bisa ditariknya.

Ini prosesnya, sangat simpel dan tidak memerlukan waktu lama (lebih lama proses preparasinya kayaknya :p) :

Hasil Kesimpulan dari Proyek Sains Mengenal Magnet :

Pada sessi terakhir, aku menjelaskan bahwa magnet mempunyai 2 kutub, yaitu Kutub Selatan dan Kutub Utara. Kutub yang sama akan tolak menolak sedangkan 2 Kutub yang berbeda akan tarik-menarik.

Aku coba menyatukan 2 Kutub yang sama, dan ternyata salah satu magnet berputar sendiri dan menempelkan diri pada posisi 2 kutub berbeda :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s