Tutorial Folded Typo with GIMP

Standard

Dapet Tutorial ini nih lewat Twitter : http://illustratorcs6.com/creating-very-cool-folded-typo/ tadinya mau ikutan narsis kayak AbduZeedo, dengan nulis font gede-gede bertajuk UMMU ALIYYAH. Qadarullaah, hurufnya banyak bangets… rada males  nyoba-nya kalo kebanyakan karakter (lama jadinya soalnya :p). Akhirnya terpaksa cukup pake kata TEST😀

AbduZeedo nyuruhnya sih pake photoshop, tapi karena aku senengnya yang gratisan, dan kebetulan yang gratis di sini cuma GIMP, ya sud akhirnya bikinnya pake GIMP. Toolsnya rada beda sih (ato aku-nya yang belum nemu problemsolvingnya :p), tapi bodo ah, yang penting hasilnya rada mirip… xixi…

nih, coba bandingkan hasilnya  AbduZeedo sama hasilku, ga jauh beda dehh…. hahay ^^

yang ini punyaku (meski tanpa drop-shadow.. :D) :

Aku kasih sekalian tutorialnya yang pake GIMP –well, fyi, this is my first tuts, jadi kalo rada belepotan, harap maklum ^^–, gampang koq untuk pemula… cekidot yah gan… ^^

1. Bikin file baru dengan ukuran 1500 px * 700 px

2. Klik icon ‘Text‘  dan pilih font “Verdana Bold” dengan ukuran 437 dan text colornya : Black


3. Klik icon ‘Fuzzy Select Tool‘ dengan Threshold : 171, lalu copy selected area.

4. Bikin layer baru, kasih nama aja : fold-t1, truss paste image yang udah di copy tadi ke layer ini :

5. Beri warna gradasi hijau tua dan hijau muda pake Blend Tool. Lalu klik icon ‘Free Select Tool‘, pilih area yang ingin di folding :

6. Pilih Edit -> Cut, lalu buat layer baru, kasih nama : fold-t1a. Paste selected area ke layer fold-t1a.

7. Abis itu pilih menu Layer -> Transform -> Flip Vertically, truss supaya pas letaknya, gerakin selected area pake Move Tool dan Rotate Tool. Setelah letaknya udah pas, ganti warna ForeGround dan BackGround dengan warna Abu-abu muda dan Hitam. Pilih Icon Blend Tool, lalu warnai Selected area tersebut. Untuk meyakinkan efeknya, turunkan Opacity jadi 85 %

8. Untuk final touch, tinggal sembunyi-in aja Text layernya… Jadi deh! Ulangi proses di atas untuk huruf-huruf yang lain… ^^

 

Yaks, sekarang tugas kalian membuat Folded Typo seperti di atas dengan kata-kata :

“KONON SUATU HARI ADA SEBUAH KERAJAAN YANG SANGAT JAUH DAN MEMILIKI SEORANG PUTRI MAHKOTA. RAJA DI KERAJAAN ITU SEDANG SAKIT KERAS, DAN MENTITAHKAN SANG PUTRI UNTUK MENGGANTIKANNYA. TETAPI SANG PUTRI YANG BAIK HATI ITU MEMILIKI SEORANG SAUDARI TIRI YANG PENDENGKI DAN INGIN MENGUASAI KERAJAAN… BLABLABLA.”

Saya tunggu 5 menit,  segera kumpulkan di meja saya!! *xixi…. tau rasa dwehh… pikir sendiri cara ngerjain n ngumpulinnya  :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s