Ada Apa di Museum Air Tawar dan Museum Serangga?

Standard

Pekan ini, ada Family Gathering dari Kantor Abi ke TMII (Taman Mini Indonesia Indah), TKP-nya Taman Bunga, Museum Air Tawar, Museum Serangga, Keong Emas, Kolam Renang Anak, Bioskop 3D (yang ternyata letaknya di dalem Museum Air Tawar). Alhamdulillah.. ^^. Soalna terus terang aja, kalo ngarepin berangkat sendiri, jauh panggang dari pada api disebabkan Abi adalah orang yang paling sibuk sedunia pas akhir pekan >_<. Ya’kan bi..? *ngumpet dulu ah, takut dipelototin :p

Pertama kali dengar tujuan utamanya Taman Bunga, kami udah hopeless bangets, secara pernah ke sana, dan disana “biasa-biasa” aja. Tapi ternyata beda event (baca : beda dana :p), beda juga fasilitasnya, ya eyya-laah….

Di sana, disediakan pihak EO (Event Organiser) -yang di sewa kantor- beberapa wahana anak. Mulai dari Mandi Bola, Cerita Anak, Lomba-Lomba berhadiah, permainan seru, flying fox, macem-macem-lah.

Nah, singkat cerita, acara di Taman Bunga selesai ba’da Dzuhur, dan peserta diperbolehkan mengeksplorasi Taman Mini dengan tiket yang sudah diberikan EO. Kami memutuskan untuk ke Museum Air Tawar dan Museum Serangga, secara anak-anak kami seneng banget ngeliat IKAN. Umi-nya juga senang melihat ikan, tapi yang mateng dan siap santap, apalagi di sebelahnya ada sambel terasi dan lalapan ketimun, xixixi… ngeces dah!

Banyak juga Ikan Air Tawar yang unik-unik bin lucu, bentuknya aneh-aneh dan warnanya engga kalah menarik dari Ikan Laut. Sebagian besar mungkin kita udah tahu nama-namanya, semisal Gurame, Lele, Mujaer, Arwana, Bawal, Sepat, Belut, dll…. Dengan pengemasan Akuarium yang cantik, membuat mereka juga terlihat elegan dan menawan… yups, memang gitu deh.. penampilan ga bisa bo’ong😀. Teknik pencahayaan sangat berperan, dan tentu aja, ikan2-nya pun di pilih yang paling ganteng dan cantik di kampung mereka sana… *makin nyasar ^^

Kemarin itu, anak-anak yang pegang kamera, dengan sibuknya mereka jepret sana-jepret sini. Pas Umi liat hasilnya… wew, ada ikan yang cuma keliatan buntutnya aja, ada yang cuma kepalanya aja, ada ikan yang berenangnya kebalik (Atau, moto-nya yang kebalik? hadoh…), kadang akuariumnya miring-miring, yang lebih sering sih… fotonya BUREM :p. Nah, yang diambil umi-nya yang hasilnya bagus-bagus aja nih, dan lumayan unik. Kalo kayak bawal atau gurame mah ngapain difoto, di tukang ikan keliling juga banyak😀

Salamander

Ada juga ikan raksasa, namanya Arapaima.. ni kayak gini nih bentuknya (hasil googling :D). What do you think? Enaknya dipepes nih ikan… cuma mikirin cara mepesnya gimana yaks? selebar apa daun pisangnya? xixi…. *garuk-garuk kepala :p

Ikan Arapaima

Nah, di Museum ini juga banyak spesimen-spesimen anak-anak ikan yang di awetkan… (cuma keterangan di dalam botolnya ga ngerti artinya, pake bahasa latin sih, coba kalo pake bahasa itali… *tetep ga ngerti juga :p)

Akhir perjalanan kami di Museum Air Tawar, masuk ke bioskop 3D-nya. Lumayan seru, cuma nambah bayar tiket seharga 10 ribu rupiah, kita bisa menikmati film 3D ikan yang mirip-mirip sinema 4D di GSA sana (Gelanggang Samudera Ancol), meski tanpa simulasi kursi yang bisa bergerak atau semprotan air dari depan kursi kita. Dan yang paling penting, TANPA ANTRI LAMA, Asiikkkk😀

Setelah Capek keliling-keliling Museum Air Tawar (sebenarnya bukan capek sih, tapi karena udah mentok ke pintu keluar, xixixi…), kami pun melanjutkan ke Museum Serangga (tiket seharga 15 ribu rupiah untuk kunjungan 2 museum sekaligus).

Nah ini nih oleh-oleh dari Museum Serangga… lumayan banyak sih fotonya yang bagus, tapi ditampilkan dikit aja, biar makin penasaran (beberapa foto ambil dari google)… ^^

Museum Serangga dan Taman Kupu

Pesona Kumbang Nusantara

Yang paling menarik adalah sebuah makhluk mirip helm, pemeran utama di film Ocean (ni film dokumenter terkeren yang pernah kami tonton…). Ga taunya bentuknya kecil, diameternya sebesar piring makan.. namanya MEROSTOMATA.

Merostomata

Ok, sippp… selesai sudah laporannya, marilah kita segera pulang.. umi dan abi udah capek.. ^^

Kalo mau inpoh lebih lengkap, baca dimari aja gan :

Museum Serangga dan Taman Kupu :noidea: :noidea: :noidea:

About Ummu 'Aliyyah

Seorang ibu dari 3 buah hati lucu, Aliyyah (12), Muhammad (10), Ibrohim (7 thn) yang senang bereksplorasi dan berinovasi. Istri dari Bpk Wahid Kurniawan. Jika ada orang yang bisa, maka kita pun bisa, insya Allah...

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s