Mengintip Scribus.. *_^

Standard

Apa sih Scribus? Apa sejenis hewan melata? Atau nama sebuah kota di Yunani? ga tau juga deeh.. *ngasal^^… tapi setauku,  scribus adalah sebuah opensource software yang berfungsi sebagai desktop publishing, bisa buat setting-settingan dan lay out undangan, pamflet, dll,  gitu deh…

Nah ini penjelasan ringkas mengenai Scribus :

Scribus adalah sebuah aplikasi desktop publishing (DTP), dirilis menganut lisensi bebas GPL. Ia dibangun menggunakan toolkit versi bebas dari Qt dan menerbitkan edisi untuk berbagai platform yang jalan secara natif di Sistem Operasi termasuk Linux, Unix-like, Mac OS X, OS/2, dan Microsoft Windows.

Ia sudah banyak dikenal karena memiliki banyak fitur yang mampu bersaing dengan program proprietari setara atau sebagai AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) terhadap aplikasi DTP proprietari seperti Adobe PageMaker, PagePlus, QuarkXPress atau Adobe InDesign.

Scribus di desain sebagai alat bantu layout yang fleksibel dan untuk typesetting dengan kemampuan memproduksi berkas untuk perangkat image setting professional dengan kwalitas tinggi. Ia juga bisa digunakan untuk membuat presentasi dan form PDF yang interaktif berikut animasi. Scribus banyak ditemukan dan digunakan di lingkungan penerbitan seperti dan termasuk untuk menulis koran kecil (writing small newspapers), pembuatan brosur, newsletters, posters dan buku.

Scribus menyokong sebagian besar format gambar atau image termasuk scalable vector graphics (SVG). Fitur professional type/image setting bawaannya termasuk pengelolaan warna CMYK dan ICC color. Ia juga memiliki dan built-in didalamnya sebuah mesin scripting menggunakan Python dan Scribus telah tersedia menyokong lebih dari 24 bahasa dunia.

Untuk fitur cetak atau printing ia menggunakan driver internal yang mendukung PostScript level 3, disamping itu is menyokong fontembedding dan sub-setting menggunakan font-font seperti: TrueType, Type 1 dan OpenType. Driver internal juga menyokong konstruksi full Level 2 PostScript dan sebagian besar dari Level 3.

untuk lebih jelasnya bisa di liat di http://www.scribus.net/, just cekidot gan!

o iya, bisa download softwarenya di sini nih: http://www.softpedia.com/get/Office-tools/Other-Office-Tools/Scribus.shtml

(gratis! *la iya lah… yang namanya opensource pastinya gratis jeng, kalo mbayar namanya ga gratis, tinggal di balik aja koq repot.. xixixi..)

jadi intinya apa nih?

Jadi setelah mbelenger jelasin masalah scribus, sebenernya cuma mau ngasih tau, kalo aku udah bikin ebook untuk anak usia preschooler pake Scribus. Meski ga bagus-bagus amat dan imej-nya comot sana-sini (dari hasil donlot-an suamiku). Aku tetep (berusaha) tetep pede publish di sini… hehe…

Sekali lagi, intinya… moga-moga aku punya cukup waktu luang untuk belajar scribus. Karena lumayan menarik juga, dan beberapa tools belum aku coba… *masih penasaran nih ceritanya..

Supaya ga semakin panjang ceritanya, dan langsung to the point… intinya sih (beuh!) semoga ebook ini bermanfaat buat umahat sekalian… karena ebook ini aku usahakan syar’i…

jadi jangan lupa di download yaks…! o iya, download ebooknya jangan di sini, tapi di postingan satunya, hehe… (di ajak muter-muter deh… xixixi…)

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s