Bikin Puzzle Sederhana yuukk…. [Tutorial]

Standard

2 Hari yang lalu, abi beli cooling pad buat laptop… ada kardusnya. Sayang bangets kalo di buang (bukan berarti pelit lho… *mana ada orang pelit ngaku… xixixi..). Nah, daripada mubazir, mending kita bikin puzzle aja. Kebetulan kemarin Ibrohim sukses merobek-robek buku tentang gajah, yang tersisa cuma cover bukunya yang masih bisa dimanfaatkan… *hedeuh >_<

okelah, mari kita segera memulainya :

1. Seperti biasa, persiapkan bahan :
* kardus bekas (yang keren sih pake hardboard -tapi ga punya-)
*Cover buku bekas (tadinya mau yang gambarnya bunga/bukan makhluk hidup, tapi qadarullah yang ada cuma gambar gajah)
*cutter
*penggaris besi
*Lem Fox/double tape
*pensil/pulpen

2. Potong kardus menjadi 2 bagian yang sama (depan – belakang)

3. Potong Gambar Gajah dari Cover buku sesuai ukuran kardus, lalu tempelkan pada salah satu sisi kardus :

4. Tempel satu kardus yang tersisa dengan kertas origami/asturo

5. Garislah dengan pensil/pulpen bagian kardus yang ada gambar gajahnya seperti contoh imej di bawah, lalu potong memakai cutter mengikuti garis

6. Kemudian tempelkan border puzzle pada kardus yang satunya

7. Lalu susunlah puzzle sesuai gambar

Nah sekarang, puzzle sederhana yang menarik sudah bisa dimainkan putra-putri anda, selamat mencoba..!!

14 responses »

  1. Syukran atas sharing-nya, Umm^^

    Ana jadi dapet ide membuat puzzle dengan gambar wajah anak utk belajar parts of face.
    Membuat sendiri alat belajar anak itu sesuatu banget yah…
    Selain berhemat, orang tua juga berperan aktif dalam proses belajar-mengajar…

    Oiya, pernah bikin huruf & angka dengan kardus, Umm???
    Kebetulan ana mau menerapkan montessori di rumah.
    Tapi kalau beli/bikin alat belajar dari kayu agak memberatkan kantong T_T
    Mungkin ummahat yang lain ada info^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s