Kompetisi Sholat

Standard

Belakangan ini, semangat sholat anak-anak udah mulai kendor. Jarang banget mereka mengerjakan sholat 5 waktu full seharian. Masih banyak bolongnya. Kadang-kadang Subuh kesiangan, Isya ketiduran (kayak lagu qosidah jadul gitu deh >_<). Ya memang bisa jadi karena mereka kecape-an atau belum bisa manejemen waktu dengan baik, namanya juga anak-anak.
Padahal berbagai cara udah dicoba uminya; dari mulai cara halus, menyuruh mereka 1 kali waktu sholat sampe 5-10 kali, menumbuhkan kecintaan mereka akan sholat dengan menceritakan syurga, menakut-nakuti mereka dengan neraka, keutamaan orang-orang yang sholat, menanamkan pemahaman bahwa kita senantiasa diawasi Allah, sampai-sampai menjelaskan pembeda antara orang kafir dan orang muslim adalah SHOLAT.
Kadang-kadang saya coba dengan cara mengiming-imingi mereka sesuatu, tapi gagal juga. Gagalnya sih bukan karena mereka ga mau diiming-imingi, tapi karena kantong umi-nya yang kedodoran kalo terus-terusan mengikuti kemauan mereka, hehe.. *cabe deh… ~_~
Cara kasar pun udah, tapi ga mempan juga. Lagipula, masa sih mesti pake cara kasar terus… kasian anak-anak punya emak kayak preman :p. (tapi jangan ngebayangin uminya pake codet, nutup mata satu pake kain ala kapten hook, melinting kumis, ato menggulung lengan sambil bawa sapu lidi, golok, cangkul, serokan, tempat sampah –> ni mau nyuruh sholat apa kerja bakti yaks.. hihi…).
Nah, sekarang umi-nya mencoba cara lain, yaitu membuat sebuah perlombaan Sholat. Lah? koq sholat bisa dilombakan? bisa aja dong, selain mendidik anak untuk kompetitif, juga membuat mereka lebih rajin sholatnya… ho’oh deh, apa kata umi aja^^’

Cara Lombanya seperti ini :

1. Mereka harus Sholat selama seminggu penuh (dengan keringanan 3x bolongnya), baru bisa mendapat hadiah berharga dari umi, misalnya 1 set alat tulis, atau apa aja yang mereka suka. Salah satu anak yang paling rajin dan penuh sholatnya, yang akan mendapat hadiahnya.

2. Bila mereka tidak bisa memenuhi syarat pertama, perlombaan akan diulang dengan hadiah yang sama pada pekan berikutnya.

3. Bila keduanya berhasil memenuhi syarat pertama, maka terpaksa uminya harus beli lagi hadiah serupa^^’

Nah, untuk kelengkapan lomba-nya, umi udah bikin LAPORAN KOMPETISI SHOLATnya, biar keliatan mirip lomba profesional gituu…😀

 

*o iya, yang warna biru di pojok kiri atas itu letak penempatan hadiahnya…

Sip… sip… semangat yaah mi…! Semangat! Semangaaaaaatt…….! *ni yang mau ikut lomba anak-anaknya apa uminya sih…😀

11 responses »

  1. aduhh .. ummi tulisannya renyah sekali bak kerupuk udang😀, bisa buat inspirasi nih utk putra2 ku yg masih ogah2an sholat, kadang semangat kadang males.

    syukron ya ummu aliyyah🙂

  2. keren…inspiratif banget………………………………………………..
    boleh dicontex kan…?hihihih… maklum kita kurang kreatif, tapi nanti lha coz hilmy belum punya pesaing yang sepadan😛

    • boleh, silahkan aja say… ga perlu ada pesaing juga gpp… bikin aja kayak gitu dengan minimal bolong sholatnya per minggu maksimal 5x. Kalo lebih 5x berarti ga dapet hadiah, kalo kurang dari 5x, baru dapet hadiah… ^^

  3. subhanallah….. Barakallahu fyk.

    tabel papan lombanya keren banget, lombanya keren banget,
    hadiahnya keren banget… umminya keren banget ^_^.

  4. iiihh.. Masya Allah.. gemes deh sm ibu yg satu ini… Alhamdulillah..kreatif bgt… dn teladan ibu yg baik deh..insya Allah *two thumbs buat ummu, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s