Tutorial Membuat Mobil Dari Kotak Susu Bekas

Posted on Updated on

Liburan Ramadhan hampir berlalu 4 hari. Anak-anak pun mulai belajar berpuasa. Meski tidak kami paksakan, tetapi banyak juga kendala yang kami hadapi. Liburan yang cukup panjang membuat mereka malah cepat bosan dan (tentu saja) cepat merasa lapar. Jam 9 pagi mereka udah mulai merengek-rengek lapar dan haus. Hhhh……

Terkadang kami harus membiarkan mereka main game seharian hanya sekedar membuat mereka “tenang” dan tidak rewel. Tapi game selama liburan tentunya tidak baik bukan? Makanya, saya berinisiatif mengajak mereka membuat sesuatu untuk menghilangkan kebosanan (Sebenernya umi-nya lagi malas banget nih berkreasi :P). Nah, yang ada di rumah cuma sekotak susu bekas anak-anak minum yang belum sempat di buang. ya udah deh, pake yang ada aja… Taraaaaaaa…! jadilah kreasi kita kali ini membuat mobil-mobilan dari kotak susu bekas..

Awal rencana kami mau membuat mobil yang sederhana, dengan hanya memberi kotak susu itu sebuah roda dan tali untuk menariknya. Tapi umi pengen sesuatu yang special untuk Ramadhan kali ini. Yups, sebuah TRUK PENGANGKUT SUSU.

Ok. Pertama-tama kita siapkan bahan dulu

Bahannya tidak semua kita masukkan di gambar, karena belum sempat di foto (tapi InsyaAllah akan kami jelaskan secara lengkap).

Yang kita butuhkan adalah :

1 kotak susu bekas ukuran 1 liter

1 buah gunting

Beberapa lembar kertas origami

1 buah selotip bening

1 buah undangan bekas (sebagai pengganti karton)

1 buah lem

2 buah tusuk sate

1 lembar kardus bekas (untuk roda) –> bisa diganti dengan bahan yang lebih keras

4 buah karet gelang untuk penahan ban

Cara Membuat :

Buatlah Kepala Truk dengan cara menggunting bagian bawah Kotak Susu (maaf yaah caranya tidak ditampilkan).

Setelah itu buatlah kotak persegi panjang dari undangan bekas sebagai Box Truk. Lalu tempelkan sisa kotak susu yang terdapat label merek susu tersebut.

Jajarkan keduanya (apakah sudah sempurna ukurannya atau belum), jangan ditempel dahulu.

Setelah itu, tempelkan kertas origami warna-warni pada Kepala Truk sehingga berwarna lebih menarik

Lalu mulai-lah membuat roda.

Caranya : gunting karton tebal seukuran koin Rp.500,- sebanyak 4 buah. Lapisi sisi karton berbentuk koin itu dengan kertas origami. Lalu tusuklah dengan Tusuk sate, dan jadikan karet gelang sebagai penahan agar roda tidak lepas dari tusuk sate di ujung-ujungnya (lebih seru lagi kalo pake bahan yang rada tebal semisal karet sendal bekas). Karena kalo pake karton, rodanya jadi meleot-leot :p.

Kemudian ambil 2 lembar sisa kotak susu seukuran 2*5 cm, tempel di bawah truk (sebagai penahan roda).

Nah, mobil pun telah siap mengantar susu-susu pesanan anda…. ^^

Selamat mencoba !

Oh iya, ketika umi lagi sibuk buka bengkel truk, Aliyyah pun tidak mau kalah dengan membuat sebuah kincir angin yang sangat cantik… (umi lebih suka kincir anginnya nih daripada truknya :D)

33 thoughts on “Tutorial Membuat Mobil Dari Kotak Susu Bekas

    Alwan said:
    April 9, 2011 at 6:04 am

    bisa jalan ga truknya

    Alwan said:
    April 9, 2011 at 6:07 am

    kasih tau doong,bisa jalan ga? :)

    Ummu 'Aliyyah responded:
    April 10, 2011 at 6:14 am

    @alwan : bisa jalan koq…. ^^

    Mei said:
    April 17, 2011 at 11:29 pm

    kreasi’a bgus2, makasih semoga bermanfaat..:)

    dewi & devi said:
    April 10, 2012 at 11:55 am

    keren,, mkasih ya, jdi kebantu deh buat mobil2an! :P

    yuke aulia said:
    July 26, 2012 at 4:11 pm

    makasih ya udah ada caranya untuk mebuat semacam mobil

    candra wardana said:
    February 20, 2013 at 2:37 pm

    Buatin donk truk nya
    Kami lagi kerja kelompok

    Gibran Hakim said:
    February 21, 2013 at 8:22 pm

    Terima kasih

    sergio said:
    March 23, 2013 at 12:52 pm

    itu kardusnya bikin atau beli ???

    Wahyu said:
    April 1, 2013 at 8:27 pm

    ow

    fiko said:
    April 15, 2013 at 8:16 pm

    otak atik matuk

    081364116206 said:
    April 20, 2013 at 6:22 am

    kayak mana sih buat naya?

    Ary cantik said:
    April 21, 2013 at 5:57 pm

    Seru tuh…!

    Alfian Rizky said:
    September 11, 2013 at 3:38 pm

    bagus tuh mobil mobillannya

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:54 pm

      Alhamdulillaah. Terimakasih de’ Alfian ^^

    inayah rahma said:
    December 16, 2013 at 8:46 pm

    bagus banget ! TOP BGTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:33 pm

      Terimakasih mba Inayah Rahma … ^^

    yanagpjukaisalma said:
    March 14, 2014 at 4:04 pm

    (y)

    elsadxra said:
    March 30, 2014 at 9:46 pm

    berguna sekali! makasih mimin:-D

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:31 pm

      Terimakasih kembali Elsadxra ^^

    Christalia Wijaya said:
    May 4, 2014 at 11:31 am

    wow bagus banget karyanya
    bisa di coba di rumah…………

    Christalia Wijaya said:
    May 4, 2014 at 11:43 am

    bagus idenya

    Lisha said:
    June 4, 2014 at 4:36 pm

    Makasih tante,, bisa jadi ide buat prakarya ujian ^^ (kls 4)

    anton said:
    August 23, 2014 at 5:16 pm

    wow””….

    anton said:
    August 23, 2014 at 5:17 pm

    mksh bu untk karyanya

    lintang said:
    February 2, 2015 at 7:48 pm

    wah buat prakarya sekolah cocok hehehe ummi idenya bagus dapat pertanyaan deh dari guru

    alatlabglobalindo said:
    February 8, 2015 at 1:02 pm

    Bagus dan kreatif wah sangat hebat semoga bermanfaat ya Allah ammin ya robbal alamin aminnn !!!

    Aldi said:
    February 20, 2015 at 5:41 pm

    Bgus bngt boleh di coba di rumah nanti

    Ahmadrianf said:
    March 7, 2015 at 9:40 am

    cukup mudah dibuatnya simpel

    suhaila said:
    May 10, 2015 at 10:38 am

    mumpung nih buat ujian praktek ntar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s