Semur Daging Betawi

Standard

Resep ini turun menurun dari ibu (kalo ibu dapetnya darimana yah.. *ga tau, soalnya nenek pun ga pernah bikin :p). Kata Abi sih menu ini rasanya maknyuss, makanya di posting di sini. Ada 2 versi, versi original dan versi yang udah diacak-acak oleh saya ^^. tapi tentu aja lebih enak yang original punya gituh…

Gambar tidak ditampilkan, soalnya keburu abis sebelum di foto, hehe…

SEMUR DAGING BETAWI ORIGINAL

Bahan :
1 kg daging semur
1 batang kayu manis (ukurang 5 cm)
10 sdm kecap manis
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
250 ml air

Bumbu Halus :

1 sdt lada bubuk
5 butir kemiri
1 sdt jinten
1 sdt Adas Manis
2 butir kapulaga
1 butir pala
5 butir cengkeh
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah

cara membuat :
1. Campur daging, kecap manis, kayu manis, bumbu halus, garam, air
2. Remas-remas daging hingga bumbu tercampur
3. Lalu rebus hingga empuk sambil sesekali di aduk
4. Bila kurang manis, bisa ditambahkan gula pasir
5. Bila kuah sudah mengental dan daging empuk, angkat dan sajikan

(bisa juga langsung dimasak di panci presto supaya daging cepat empuk)

versi acak-acaknya ^^ :

Saya tambahkan 1 buah bawang bombay yang di iris melintang. Bumbu halus dan bawang bombay saya tumis dulu, baru di masukkan daging, kecap manis, air, kayu manis. Finishing-nya sama, di tunggu hingga kental dan daging empuk.
Abis itu langsung di buang? ya ga’lah… pastinya langsung dihidangkan.. hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s