Tutorial Membuat Clay dari Sabun

Posted on Updated on

Bahan yang diperlukan :

1 batang sabun mandi
4 sdm tepung tapioka
10 ml air panas

Alat yang diperlukan :

Parutan Keju
Wadah untuk menguleni
5 batang lidi

Cara membuat :

1. Parut sabun mandi menggunakan parutan keju
2. Campur dengan tepung tapioka
3. Tuangkan air panas lalu uleni hingga menjadi adonan yang dibentuk
4. Bila terlalu lembek, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka kembali

Cara membuat bunga :

1. bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil
2. pipihkan bulatan tersebut
3. Rangkai pada sebuah lidi
4. Tusukkan pada wadah
5. Bunga mawar cantik nan harum sudah bisa menghias ruangan rumah anda.

Selamat mencoba….

47 thoughts on “Tutorial Membuat Clay dari Sabun

    Atiek Poenya ^-^ said:
    December 28, 2009 at 10:48 pm

    buset dah eksperimen trus………salut ah aku acungin jempol buat mba Li2s, tp sayang ket diatas ga disebutkan, kira2 clay dari sabunnya bertahan brapa waktu soalnya yg aku tau, biasanya ga tahan lama tuh :),ditunggu eksperimen yg laen ok :)

    Ummu 'Aliyyah responded:
    December 28, 2009 at 10:55 pm

    huhuy… ni gara-gara waktu itu mba posting di blog ttg clay dari sabun, ternyata ada yang praktekin ‘N dia bilang gagal pas nyoba. Mba jadi penasaran tuh tiek, makanya mba coba sendiri… ternyata sukses tuh… wkwkwkwk….

    Atiek Poenya ^-^ said:
    December 29, 2009 at 12:01 am

    Bagus dweh klo dah praktek, cuma pertanyaan aku diatas blom dijawab mba ku sayang, claynya bertahan brapa lama? trus klo clay bunganya ditaroh di luar ruangan bisa berubah gak, mungkin mele2h gtu klo kena sinar xixixixi

    Ummu 'Aliyyah responded:
    December 29, 2009 at 12:04 am

    ga tau say, mba juga baru pertama bikin nih… nanti mba jawab kalo udah jamuran claynya :D (kira-kira berapa lama tuh sampe tumbuh jamurnya gitu..). Truss, tadi sih malah makin keras pas mba jemur… *ceritanya lagi nge-tes expired datenya nih :P

    Ummu 'Aliyyah responded:
    December 29, 2009 at 12:06 am

    oh iya, asal jangan diceburin di bak mandi aja tiek, pasti langsung meleleh… wkwkwkwkwk…

    atiek poenya ^-^ said:
    December 29, 2009 at 1:04 pm

    oh…. begono ceritanya, soalnya tmn aku pernah bikin kena matahari langsung ancur gtu katanya xixixixi, mungkin tergantung adonannya jg kli ye, mba termasuk sukses donk :-P tong geer heula-nya ce xixixixixi, klo nunggu tumbuh jamuran aku serahkan ke mba ja dweh, met mengamati :)

    Ummu 'Aliyyah responded:
    December 29, 2009 at 9:14 pm

    Lah ini pan resep juga mba contek dari tipi (ahli pembuat bunga dari clay sabun). Berarti bukan mba yang sukses tapi dia tuh… hehe *mba mah cuman beruntung doang karena sukses nyonteknya.. *prikitiw… :D

    Ummu 'Aliyyah responded:
    January 13, 2010 at 1:22 am

    Oh iya tiek, mungkin clay yang dibikin temenmu itu bukan dari sabun kali, tapi dari tepung atau roti tawar, makanya gampang jamuran. Kalo mau bikin clay dari tepung tapi ga jamuran, coba kasih sedikit pengawet makanan (benzoat). Nie udah hampir 2 minggu, clay sabun mba masih tetep kinclong, wkwkwk… ya iya-lah, mana betah tuh jamur hidup di sabun mandi :D…

    ahya hafizh said:
    February 25, 2010 at 10:15 am

    salam kenal ummu ‘aliyyah…assalamu’alaikum…
    sy ahya…dr sragen…ngajar di smk nih..
    tutorial ummu sy ambil untuk alternatif pembuatan clay bg materi seni budaya kls 2..
    kan ada macam2 teknik pembuatan seni kriya…di ambil materi patung ato grabah gt…
    sy tawarkan pd anak2 untuk milih media untuk clay nya..
    ternyata mereka pilih clay dari sabun mandi..
    lebih murah, mudah , n menyenangkan…karena menebarkan aroma wangi ke seantero ruangan…trima ksh bnyk ats sharing ilmu nya ummu…blog ummu sy link kan dg blog sy lho….wassalam.

    titik said:
    February 25, 2010 at 5:06 pm

    woihh hasilnya bagus. oya knapa ga pake kawat aja untuk tangkainya, emang ga patah klo pake lidi?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 1, 2010 at 9:57 am

      memang lebih enak kawat, saya pake lidi soalnya cuma itu aja yang ada di rumah :)

    bint malik said:
    March 10, 2010 at 9:34 am

    salaamun’alaykum

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 13, 2010 at 11:59 pm

      wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

    fara said:
    November 15, 2010 at 6:32 pm

    cantik……cantik… mo coba jga laaa…..!!!! :-))

    gita said:
    January 30, 2011 at 9:03 pm

    kayaknya ide bagus tuh..dicoba ah… trimakasih atas ifonya y…:)

    Putri said:
    February 24, 2011 at 3:41 pm

    hehehe… bahasanya itu lho ukhti,,, yg buat saya tertarik…. wkwkwkwk lucu…

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 25, 2011 at 2:18 pm

      bahasanya gado2- bin campur2- ya ukh, kalo di baca guru bahasa indonesia, bisa geleng2-kepalanya deh saking jauhnya dari EYD :D *kalo kejauhan suruh naek angkot ajjah napah, xixi…

    Dhila said:
    March 1, 2011 at 5:51 am

    Assalamu’alaikum mbak (dipanggil mbak apa tante nih?) salam kenal. Pertama lihat sih yang ini, dan penasaran ternyata hasilnyua manjur. Alhamdulillah ternyata masih ada juga muslimah yang berkarya walaupun hanya kecil-kecilan. Tetapi manfaatnya banyak. Aku juga terbantu sama tugasku di sekolah (hehehhe). Smoga aja mbak ato tante lah bisa lebih kreatif dan bisa bantuin aku lagi kalo ada pelajaran SBK (lho, ada maunyaaa..). Trimakasih, nanti aku mampir lagi, hehehehe
    Wassalamu’alaikum

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 1, 2011 at 2:49 pm

      wa’alaykumussalam… apa aja boleh koq, asal jangan dipanggil om ato mas, xixi…. ^^. Salam kenal juga… Alhamdulillah kalo sukses yaah Dhila ^^

        Dhila said:
        March 1, 2011 at 5:57 pm

        oh iya mbak, ini bisa tahan brapa lama? tapi setauku sabun enggak bisa jamuran ya? hehehehe, kan ngga asik mbak, masak ngumpulin ke guruku udah jamuran :P

        Ummu 'Aliyyah responded:
        March 10, 2011 at 8:22 am

        @Dhila : insya Allah ga jamuran, lagian kalo sabun mandi jamuran…ntar ga ada orang yang mau pake sabun kalo mandi, xixi… awet dan wangi pokoknya lah

    annissa said:
    March 9, 2011 at 3:58 pm

    mbk mau tanya q kan sudah coba tp kok adonannya lengket bangetnya?tolong dijawab ya mbk plisss!!!!soalnya q butuh bngt!!!

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 10, 2011 at 8:09 am

      @annisa : adduh sayangg, mungkin airnya kebanyakan yah, kan cuma 10 ml, 10 ml itu dikit banget loh, paling sekitar 1-2 sdm aja… waktu itu mba bikin koq pas. Coba kasih air panasnya dikit-dikit dulu aja, soalnya kan tiap sabun kadar airnya beda. Dan kalo udah terlanjur kelembekan, di tambahin tepung tapiokanya. Moga sukses yah say….

    dani said:
    March 20, 2011 at 1:36 am

    mantap sih caly yayay kerasi oek juga untuk di coba ya

    sakila said:
    December 4, 2011 at 10:01 pm

    greet !

    Ringga Kakak De'Rangga said:
    February 4, 2012 at 8:46 pm

    Oh,jadi enggak perlu pewarna makanan ama aroma makanan ya ?! Malah lebih gampang … HEMAT DUIT

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 8, 2012 at 2:58 pm

      @ringga kakak de’ rangga : ho oh… ^^

    xavier said:
    February 26, 2012 at 10:44 am

    selain tepung tapioka bisa gak yah ??

    misal’nya tepung kanji sama tepung maizena gitu ??

      Ummu 'Aliyyah responded:
      February 27, 2012 at 9:29 am

      @Xavier : saya belum pernah nyoba ganti tepung.. ^^

    ririd said:
    April 14, 2012 at 12:12 pm

    assalamualaikum mbak Ummu ‘aliyyah…perkenalkan nama saya ririd,dari surabaya. saya mau tanya dong mbak kalo misal claynya kita ubah warnanya bisa gak??misal diberi pewarna, kalo sekiranya bisa pewarna apa yang cocok dan diberi waktu tahap apa?terima kasih.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 16, 2012 at 10:51 am

      @Ririd : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh. kalo ga salah warna sabun batangan itu macam-macam yah, ada yang putih, kuning, merah, pink.. ini kebetulan aja yang di rumah adanya yang warna biru… ^^

    diiba dwikanthi said:
    April 30, 2012 at 5:08 pm

    tante, itu wanginya bisa tahan lama engga?

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 1, 2012 at 8:20 am

      @diiba dwikanthi : InsyaAllah wanginya Awet… ^^

    oga takuya said:
    March 3, 2013 at 1:42 pm

    makasih mbak

    Cahya said:
    September 14, 2013 at 7:52 pm

    Alhamdulillah.. info yg sangat menarik n bermanfaat.. terima kasih..
    Tp sayang keponakanq yg dr Yogya dah balik dr Jbg.. hr ni mrk berkunjung k rmh tp q g bagi2 ketrampiln.. nyesel rasanya. Lain waktu kali yach… smoga dech! :-)

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:53 pm

      iya mba cahya, semoga lain waktu bisa bermain dan belajar bersama ponakan. pasti seru.. ^^

    danililo said:
    November 22, 2013 at 8:41 pm

    mbak cantik kebanyakan sukses atau gagal… pengen exprimenx tolong comenx.. makasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:34 pm

      ini sekali2nya di bikin dan Alhamdulillaah langsung sukses de’ danililo ^^

    arum yanuarita said:
    January 6, 2014 at 3:42 pm

    assalamu’alaikum mbak
    kan adonan saya keras bgt mbak, misal dah kering trus diparut lagi apa bisa digunakan lagi yaa?
    makasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 14, 2014 at 7:32 pm

      Dicoba aja yah mba Arum Yanuarita … soalnya saya ga tau… Terimakasih sudah mampir ^^

    Salsabila Syaula said:
    May 10, 2014 at 11:59 am

    Assalamualaikum tante,, kalo misalnya airnya 20ml itu ke lembekan gak yaa? Makasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      May 28, 2014 at 7:49 pm

      Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. bisa ditambahkan parutan sabun lagi supaya tidak terlalu lembek… asalkan sudah bisa dibentuk insya Allaah cukup, mba…

    oliviaraaa said:
    October 6, 2014 at 7:18 pm

    assaalamu’alaikum mba ummu, waahh aku terinspirasi nih mau bkin clay dr sabun.. ya setidaknya gak banyak bahan yang dipake kayak dr tepung hohoho ..
    bdw, kalo dicampur pake pengawet, pake pengawet apa ya mba ???

    Dwi said:
    May 31, 2015 at 9:09 pm

    Assalaamu’alaikum,mbak.itu bunganya bertahan sampe berapa lama ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s