Tutorial Membuat Clay dari Sabun

Bahan yang diperlukan :

1 batang sabun mandi
4 sdm tepung tapioka
10 ml air panas

Alat yang diperlukan :

Parutan Keju
Wadah untuk menguleni
5 batang lidi

Cara membuat :

1. Parut sabun mandi menggunakan parutan keju
2. Campur dengan tepung tapioka
3. Tuangkan air panas lalu uleni hingga menjadi adonan yang dibentuk
4. Bila terlalu lembek, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka kembali

Cara membuat bunga :

1. bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil
2. pipihkan bulatan tersebut
3. Rangkai pada sebuah lidi
4. Tusukkan pada wadah
5. Bunga mawar cantik nan harum sudah bisa menghias ruangan rumah anda.

Selamat mencoba….

About these ads

46 thoughts on “Tutorial Membuat Clay dari Sabun

  1. buset dah eksperimen trus………salut ah aku acungin jempol buat mba Li2s, tp sayang ket diatas ga disebutkan, kira2 clay dari sabunnya bertahan brapa waktu soalnya yg aku tau, biasanya ga tahan lama tuh :),ditunggu eksperimen yg laen ok :)

  2. huhuy… ni gara-gara waktu itu mba posting di blog ttg clay dari sabun, ternyata ada yang praktekin ‘N dia bilang gagal pas nyoba. Mba jadi penasaran tuh tiek, makanya mba coba sendiri… ternyata sukses tuh… wkwkwkwk….

  3. Bagus dweh klo dah praktek, cuma pertanyaan aku diatas blom dijawab mba ku sayang, claynya bertahan brapa lama? trus klo clay bunganya ditaroh di luar ruangan bisa berubah gak, mungkin mele2h gtu klo kena sinar xixixixi

  4. ga tau say, mba juga baru pertama bikin nih… nanti mba jawab kalo udah jamuran claynya :D (kira-kira berapa lama tuh sampe tumbuh jamurnya gitu..). Truss, tadi sih malah makin keras pas mba jemur… *ceritanya lagi nge-tes expired datenya nih :P

  5. oh…. begono ceritanya, soalnya tmn aku pernah bikin kena matahari langsung ancur gtu katanya xixixixi, mungkin tergantung adonannya jg kli ye, mba termasuk sukses donk :-P tong geer heula-nya ce xixixixixi, klo nunggu tumbuh jamuran aku serahkan ke mba ja dweh, met mengamati :)

  6. Lah ini pan resep juga mba contek dari tipi (ahli pembuat bunga dari clay sabun). Berarti bukan mba yang sukses tapi dia tuh… hehe *mba mah cuman beruntung doang karena sukses nyonteknya.. *prikitiw… :D

  7. Oh iya tiek, mungkin clay yang dibikin temenmu itu bukan dari sabun kali, tapi dari tepung atau roti tawar, makanya gampang jamuran. Kalo mau bikin clay dari tepung tapi ga jamuran, coba kasih sedikit pengawet makanan (benzoat). Nie udah hampir 2 minggu, clay sabun mba masih tetep kinclong, wkwkwk… ya iya-lah, mana betah tuh jamur hidup di sabun mandi :D…

  8. salam kenal ummu ‘aliyyah…assalamu’alaikum…
    sy ahya…dr sragen…ngajar di smk nih..
    tutorial ummu sy ambil untuk alternatif pembuatan clay bg materi seni budaya kls 2..
    kan ada macam2 teknik pembuatan seni kriya…di ambil materi patung ato grabah gt…
    sy tawarkan pd anak2 untuk milih media untuk clay nya..
    ternyata mereka pilih clay dari sabun mandi..
    lebih murah, mudah , n menyenangkan…karena menebarkan aroma wangi ke seantero ruangan…trima ksh bnyk ats sharing ilmu nya ummu…blog ummu sy link kan dg blog sy lho….wassalam.

  9. Assalamu’alaikum mbak (dipanggil mbak apa tante nih?) salam kenal. Pertama lihat sih yang ini, dan penasaran ternyata hasilnyua manjur. Alhamdulillah ternyata masih ada juga muslimah yang berkarya walaupun hanya kecil-kecilan. Tetapi manfaatnya banyak. Aku juga terbantu sama tugasku di sekolah (hehehhe). Smoga aja mbak ato tante lah bisa lebih kreatif dan bisa bantuin aku lagi kalo ada pelajaran SBK (lho, ada maunyaaa..). Trimakasih, nanti aku mampir lagi, hehehehe
    Wassalamu’alaikum

  10. mbk mau tanya q kan sudah coba tp kok adonannya lengket bangetnya?tolong dijawab ya mbk plisss!!!!soalnya q butuh bngt!!!

    • @annisa : adduh sayangg, mungkin airnya kebanyakan yah, kan cuma 10 ml, 10 ml itu dikit banget loh, paling sekitar 1-2 sdm aja… waktu itu mba bikin koq pas. Coba kasih air panasnya dikit-dikit dulu aja, soalnya kan tiap sabun kadar airnya beda. Dan kalo udah terlanjur kelembekan, di tambahin tepung tapiokanya. Moga sukses yah say….

  11. assalamualaikum mbak Ummu ‘aliyyah…perkenalkan nama saya ririd,dari surabaya. saya mau tanya dong mbak kalo misal claynya kita ubah warnanya bisa gak??misal diberi pewarna, kalo sekiranya bisa pewarna apa yang cocok dan diberi waktu tahap apa?terima kasih.

    • @Ririd : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh. kalo ga salah warna sabun batangan itu macam-macam yah, ada yang putih, kuning, merah, pink.. ini kebetulan aja yang di rumah adanya yang warna biru… ^^

  12. Alhamdulillah.. info yg sangat menarik n bermanfaat.. terima kasih..
    Tp sayang keponakanq yg dr Yogya dah balik dr Jbg.. hr ni mrk berkunjung k rmh tp q g bagi2 ketrampiln.. nyesel rasanya. Lain waktu kali yach… smoga dech! :-)

  13. assalamu’alaikum mbak
    kan adonan saya keras bgt mbak, misal dah kering trus diparut lagi apa bisa digunakan lagi yaa?
    makasih

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. bisa ditambahkan parutan sabun lagi supaya tidak terlalu lembek… asalkan sudah bisa dibentuk insya Allaah cukup, mba…

  14. assaalamu’alaikum mba ummu, waahh aku terinspirasi nih mau bkin clay dr sabun.. ya setidaknya gak banyak bahan yang dipake kayak dr tepung hohoho ..
    bdw, kalo dicampur pake pengawet, pake pengawet apa ya mba ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s