Kartu Prestasi Ramadhan

Standard

kartuprestasiramadhanAlhamdulillah, Ramadhan tiba juga. Meskipun tahun ini saya libur puasa karena sedang menyusui, tapi saya sangat berharap akan menjadi bulan yang penuh berkah bagi keluarga kami. Aliyyah dan Ahmad pun mulai belajar berpuasa, setengah hari. Awalnya mereka sedikit ngedumel, tapi senjata untuk merayu anak untuk melakukan pekerjaan yang kurang mereka sukai adalah mengiming-imingi mereka dengan hadiah😀. Saya tidak terlalu memaksakan mereka untuk berpuasa, saya mengijinkan mereka makan-minum ketika adzan pada siang hari terdengar (Dzuhur dan Ashar), lalu selang setengah jam, mereka pun harus mulai berpuasa kembali.
Untuk melengkapi mereka berpuasa, saya membuat Kartu Prestasi Ramadhan, yaitu sebuah kartu yang berisi laporan perkembangan puasa mereka dari hari ke hari selama sebulan penuh. Tadinya, di dalam benak saya, saya ingin membuat laporannya dari tanggal 1-30 Ramadhan 1430H, tapi qadarullah, ketika lagi serius bikin, Ibrohim merengek-rengek terus, dan finally yang terjadi adalah saya membuat skedul-nya berdasarkan nama-nama hari. Tapi bukan masalah sih..
Di dalam kartu ini, saya buat kotak-kotak untuk memisahkan per harinya. Jika mereka sanggup berpuasa, maka kotak tersebut akan saya isi dengan dot (lingkaran) berwarna kuning. Sebaliknya jika mereka gagal berpuasa, kotak akan saya isi dengan dot warna hitam. Di akhir bulan nanti dot-dot tersebut akan dihitung bersama, bila yang terbanyak adalah warna kuning, maka mereka berhak mendapatkan hadiah. Dan bila dot warna hitam yang terbanyak, semoga tahun besok mereka lebih bersemangat untuk berpuasa.

kartuprestasiramadhan

3 responses »

Leave a Reply

