Menghias Tangan dengan Inai

Standard

inaitgnBermula dari seorang teman yang meminta saya menghias tangannya dengan inai (mehndi, pacar, hena) karena suaminya yang berlayar akan pulang dari Singapura akhir bulan ini. Sebenarnya saya belum pernah mencoba menghias tangan dengan inai, paling banter yaa kuku aja yang diwarnai. Tapi karena saya juga senang dengan desain-desain inai, maka saya coba dulu di atas kertas. Nah, ini beberapa desain yang saya buat. Mudah-mudahan sih cukup bagus.

Saya sertakan pula fatwa Syaikh Shalih Al-Fauzan tentang menghias tangan dan kaki dengan inai.

Hukum Merias Tangan dan Kaki Bagi Wanita

Pertanyaan : Syaikh Shalih Al-Fauzan ditanya tentang hukum merias kedua tangan dan kaki bagi para perempuan.

Jawaban: Merias (melukis di) tangan dan kaki dengan daun pacar (inai) disarankan bagi para wanita yang sudah menikah, dengan dalil hadits-hadits yang masyhur tentang hal ini, yang menunjukkan kebolehannya, di antaranya adalah riwayat Abu Dawud, bahwasanya ada wanita yang bertanya pada ‘Aisyah radiallahu’anha tentang merias dengan daun pacar (inai), beliau menjawab, boleh, akan tetapi aku tidak menyukainya, sedangkan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak menyukai baunya. (HR. An-Nasa`i).

Dari ‘Aisyah radhiallahu’anha ia berkata bahwa ada seorang wanita yang menyodorkan kitab kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dari balik tabir, kemudian Nabi shallallahu’alaihi wa sallam menahan tangan beliau dan bersabda: “Saya tidak tahu, ini tangan lelaki atau tangan perempuan?” (HR.Abu Daud dan An-Nasa`i).

Akan tetapi tidak diperbolehkan untuk melukisi kuku-kukunya dengan zat yang bisa mengental dan menghalangi aliran air ketika thaharah (bersuci).

Fatawa Lajnah Daimah, 5/218.

inai1a


inai22

inai3a

17 responses »

  1. Assalamu’alaikum,

    Bu,.. mau dunk, aku tertarik dng design yg no 2, sederhana tp elegant…Nanti pas di kajian klo ketemu boleh donk ya…….:)

    Wassalamu’alaikum

  2. Subhanallah makin kreatif aja ibu satu ini. Btw, hasilnya gimana? bagus nggak?. Aku mau dunk lain kali di inai, tapi aku tanya my husband dulu yha. ^_^

    ummu abbas

  3. Assalamu’alaikum…sampai deh di blog kreatif ini, oooh memang yang punya blog ini punya bakat desain sih ya…Mirip lho sama inai stiker yang biasa dijual dan dipakai di sini (Saudi). Masya Allah, Allah yubaarik fiik ^^

    = Ummu Yazid =

    • wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…. wah mirip yah umm, ana aja belum pernah liat yang model stikernya, tapi mungkin lebih mudah yah aplikasi-in ke tangannya… ^^

  4. ibu sy belum pernah melukis tangan tapi ada temen yang mau nikah dan minta dilukiskan tangannya.awalnya dia nanya ada obat yang bisa buat ngawetin inai gak biar warnanya gak cpt pudar.trs aku jawab googling aja.eh malah dia nyerahin sama aku untuk nyari dan melukisnya.waaaah tantangan yang asyik nih pikirku…. nah itu sj bu pertanyaanku tentang ada gak zat dicampurkan biar warnanya awet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s