Kaleng Susu

Posted on Updated on

kalengAwalnya sih greget ngeliat selusin kaleng susu bayi bekas numpuk di gudang mertua. Pengen dibikin sesuatu deh kayaknya. Alhamdulillah, pas lagi bongkar-bongkar buku cara membuat kreativitas dari barang bekas, eh ketemu cara bikin stopless dari kaleng susu bekas. Udah deh mulai hunting bahan-bahannya. Pertama nyari sih rada stress juga, soalnya bahan-bahannya mahal banget. Tapi di siasati aja, yang tadinya pake kertas tissue impor, diganti kertas kado yang bahannya mirip kertas daur ulang. Semua proses bikinnya sih diikutin, dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Waktu itu sempet bikin sampe 8 buah, tapi banyak yang minta. Sisa 4, yang dua dipake buat tempat plastik kilo-an dan bahan-bahan kue, 2 lagi di cuci sama anak-anak sampe buram dan karatan (padahal udah disimpen rapi dan jauh dari jangkauan mereka, hiks). Tapi setidaknya pengalaman bikinnya masih segar diingatan.

Berhubung banyak yang ingin tau cara menghias kaleng susu ini, maka saya tambahkan cara pembuatannya :

Bahan-bahan yang diperlukan :

1 lembar kertas kado (usahakan yang bahannya rada tebal dan tidak mudah sobek)

Lem fox, cairkan dengan cara mencampurnya dengan sedikit air

Gunting, meteran, penggaris, pensil, kuas untuk mengoles lem.

 

Cara Pembuatan :

1. Ukurlah diameter dan tinggi kaleng susu.

2. Potong kertas kado sesuai ukuran kaleng susu.

3. Oles kaleng susu dengan lem fox, lalu tutup dengan kertas kado. Lakukan sedikit-sedikit dan bertahap, hingga hasil penge-lem-an terlihat rapi dan tidak berkerut.

4. Setelah kaleng susu tertutup semua dengan lem, lapisi kembali lem cair ke sekeliling kaleng (untuk menimbulkan efek mengkilat). Lalu jemur. Lakukan proses pelapisan ini beberapa kali hingga kaleng terlihat indah.

5. Kaleng susu siap menghiasi rumah anda. Kaleng ini tak perlu di cuci. Untuk membersihkan kaleng ini cukup dengan mengelap dengan lap kering. Selamat Mencoba.

19 thoughts on “Kaleng Susu

    galerihati said:
    January 27, 2010 at 4:46 pm

    Mas, Saya Sandy nih, mau tanya mas, apakah sampai sekarang kerajinan membuat atau mendaur ulang kaleng susu menjadi hiasan cantik itu masih dilakukan?
    Ehm, kalo masih dilakukan, kami ingin sekali mendokumentasikan lalu ditayangkan secara penuh di daai inspirasi daai tv jakarta.

    mohon konfirmasinya ya mas.
    Ke nomor saya aja di 02198879869.
    Terima kasih ya mas.
    Salam.

    ana said:
    November 23, 2010 at 7:34 pm

    tolong dong dikasih tutorialnyaa….hasilnya bagus banget tuh…saya juga punya kaleng susu banyak..bingung mau dibikin apa..jadi tolong ya dikasih step2 pembuatan seperti yang digambar..trimakasih…

      Ummu 'Aliyyah responded:
      November 24, 2010 at 8:59 pm

      Stok kaleng susu saya malah yang udah habis, jadi ga bisa bikin tutorial bergambarnya… >_<

    nita said:
    January 16, 2011 at 5:24 pm

    Assalammualaikum, mbak boleh ga dishare cara membuatnya, dan pakai cat apa saja, beli di mana? ga pake fotonya gpp kok. Thanks ya… :)

      Ummu 'Aliyyah responded:
      January 17, 2011 at 10:37 am

      wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

      silahkan kalo mau dishare, pembuatannya ga pake cat koq… tapi pake lem fox yang udah dicairkan… insya Allah saya usahakan untuk bikin tutorialnya…

    tira soekardi said:
    March 6, 2011 at 7:29 pm

    good job, biar barang yang terbuang bs dimanfaatkan lagi. Tolong kalau ada inspirasi lagi

    kiki said:
    March 15, 2011 at 1:04 pm

    makaih buat inspirasinya yah gan…

      Ummu 'Aliyyah responded:
      March 15, 2011 at 1:52 pm

      @kiki : sama-sama gan! jangan lupa cendolnya gan… jangan di kasih bata yee… ^^

    adi said:
    April 1, 2011 at 8:52 pm

    bingung step ke-4. Setelah trtutup kado, untuk efek mengkilat, dilapisi lem lagi? yg dipakai lem fox jg kah? terima kasih

      Ummu 'Aliyyah responded:
      April 2, 2011 at 10:20 am

      @adi : betul, di oles lem fox yang sudah dicairkan dengan sedikit air. Perbandingan 1:2 (1 sdm lem di cairkan dengan 2 sdm air). Setelah itu di jemur.

    dewi said:
    June 14, 2011 at 3:09 pm

    Ummi…. beli lem fox nya di toko apa yah….. trims.

      Ummu 'Aliyyah responded:
      June 14, 2011 at 10:16 pm

      @dewi : di toko buku tulis banyak koq…. atau di toko bahan bangunan juga ada yang bentuknya sachet besar (seperti sabun colek), lebih ekonomis ^^

    aik said:
    June 23, 2011 at 10:47 am

    makasih ummu atas infonya……………….

    bety said:
    October 4, 2012 at 10:02 am

    trs klo membuat motifnya gmn?pake apa itu aq liat cantik dg motifnya

      Ummu 'Aliyyah responded:
      October 10, 2012 at 4:38 pm

      itu motif dari bungkus kado-nya mba.. jadi kita sesuaikan dengan bentuk kaleng…

    shifa said:
    October 30, 2012 at 11:00 am

    Assalamualaikum..
    ummi,, saya izin share ya :)
    boleh?

    Tindy Rahmadi Putri said:
    December 7, 2012 at 7:51 pm

    sangat bermanfaat, dan menambah wawasan pengetahuan:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s