kalengAwalnya sih greget ngeliat selusin kaleng susu bayi bekas numpuk di gudang mertua. Pengen dibikin sesuatu deh kayaknya. Alhamdulillah, pas lagi bongkar-bongkar buku cara membuat kreativitas dari barang bekas, eh ketemu cara bikin stopless dari kaleng susu bekas. Udah deh mulai hunting bahan-bahannya. Pertama nyari sih rada stress juga, soalnya bahan-bahannya mahal banget. Tapi di siasati aja, yang tadinya pake kertas tissue impor, diganti kertas kado yang bahannya mirip kertas daur ulang. Semua proses bikinnya sih diikutin, dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Waktu itu sempet bikin sampe 8 buah, tapi banyak yang minta. Sisa 4, yang dua dipake buat tempat plastik kilo-an dan bahan-bahan kue, 2 lagi di cuci sama anak-anak sampe buram dan karatan (padahal udah disimpen rapi dan jauh dari jangkauan mereka, hiks). Tapi setidaknya pengalaman bikinnya masih segar diingatan.

Berhubung banyak yang ingin tau cara menghias kaleng susu ini, maka saya tambahkan cara pembuatannya :

Bahan-bahan yang diperlukan :

1 lembar kertas kado (usahakan yang bahannya rada tebal dan tidak mudah sobek)

Lem fox, cairkan dengan cara mencampurnya dengan sedikit air

Gunting, meteran, penggaris, pensil, kuas untuk mengoles lem.

 

Cara Pembuatan :

1. Ukurlah diameter dan tinggi kaleng susu.

2. Potong kertas kado sesuai ukuran kaleng susu.

3. Oles kaleng susu dengan lem fox, lalu tutup dengan kertas kado. Lakukan sedikit-sedikit dan bertahap, hingga hasil penge-lem-an terlihat rapi dan tidak berkerut.

4. Setelah kaleng susu tertutup semua dengan lem, lapisi kembali lem cair ke sekeliling kaleng (untuk menimbulkan efek mengkilat). Lalu jemur. Lakukan proses pelapisan ini beberapa kali hingga kaleng terlihat indah.

5. Kaleng susu siap menghiasi rumah anda. Kaleng ini tak perlu di cuci. Untuk membersihkan kaleng ini cukup dengan mengelap dengan lap kering. Selamat Mencoba.