Apa sih Clay?

Standard

clay

Jika kita iseng-iseng mampir ke toko buku besar, di bagian keterampilannya sering kita jumpai buku-buku yang membahas tentang kreasi-kreasi clay. Macam-macam bentuk lucu yang bisa kita buat dengan bahan ini, bisa miniatur bunga, binatang, buah-buahan, boneka, mobil-mobilan dsb.

Tadinya saya pikir Clay sejenis dengan lilin mainan (plastisin) yang sering dipakai anak-anak bermain. Tapi ternyata, clay di buat dari bahan makanan, yang apabila disimpan atau dijemur, bentuknya akan mengeras dan menyerupai porcelain, beda dengan lilin mainan yang biasanya akan tetap elastis meskipun disimpan beberapa lama. Kebanyakan bahan dasar Clay adalah roti tawar, tapi beberapa pakar clay bilang, jika bahan dasarnya dari roti tawar, akan mudah berjamur. Nah, sesuai anjuran mereka juga, akhirnya saya ganti bahan dasarnya dengan tepung maizena yang lebih awet dan bagus dalam pewarnaan.

Tahap pembuatannya juga lumayan mudah, pertama kita campurkan tepung maizena, minyak sayur, lem putih dan pewarna makanan, lalu kita uleni hingga warna tercampur rata dan clay tidak menempel di telapak tangan. Nah, setelah itu kita bisa membentuknya sesuai selera.

Sebenarnya ini karya pertama dalam pembuatan Clay, tapi setelah mencoba, sepertinya untuk saat ini stop dulu deh. Baru mencampur bahannya aja, 2 anak buah junior saya udah rebutan ingin men-take over pekerjaan ummi-nya. Akhirnya seteleh jadi beberapa adonan, hanya inilah yang bisa saya hasilkan. Sisanya, telah menjadi bulatan pipih kecil di dalam mangkok yang terendam air. Hmmm, mungkin anak-anakku lagi bikin se-porsi bakso gepeng ^_^. Senangnya punya anak-anak yang kreatif!

One response »

  1. gak juga kali yayayaya sih jenis clay bayak juga ada juga dari malem ada juga dari gim lah ada juga dari adonan tepung sama malem di permentasi hasil ya sih cukup besar tapi gak rumut perlu ketelatenann kali yayayaya sih ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s