Ummu Aliyyah

Pembelajaran Anak Usia Dini untuk HomeSchooling

Ada postingan notes dari Mba Farida Ilmiasari (praktisi homeschooling) yang sangat bermanfaat untuk para ibu yang ingin mengajar sendiri anak mereka di rumah. Yaitu materi apa saja yang harus diberikan kepada anak-anak selama proses belajar tersebut.
Aku sendiri ga berani bilang bahwa aku meng-homeschool-kan anakku (Ibrohim). Karena terus terang, alasanku mengajar anakku di rumah adalah karena aku malas bolak-balik ke sekolah untuk mengantarnya PAUD, ngebayangin sessi pas nyiapin seragamnya, belum lagi melewati sessi mengantuknya.. haddoh >_<
Di dalam notesnya, mba Farida Ilmiasari sangat disiplin dalam mengatur waktu belajar. Sedangkan aku, mengajar Ibrohim pada setiap sela-sela waktu luangku, dan pada saat dia dalam keadaan mood untuk belajar, misalnya hafalan surat-surat dalam perjalanan kami ke pasar… atau bahkan di dalam pasar, yaitu sambil mengenalkannya pada berbagai macam sayur mayur, ikan, dll. Kecuali untuk baca Iqro, yang mewajibkan untuk duduk manis sambil menunjuk huruf-huruf hijaiyyah… *ga mungkin kan gelar tiker di pasar sambil baca iqro? :p

Well, daripada kita ngomong ga jelas ngalor ngidul, langsung aja kita cekidot… ^^

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (HOME SCHOOLING)

Ummahat  disini akan ana sampaikan panduan pembelajaran  Anak Usia Dini mulai usia 3-5 th .

Sebelumnya agar efektif buatlah jadwal nya, usahakan anak disiplin dengan waktu belajar walaupun kita sendiri  yang buat  jadwal, contoh t4 ana seperti ini:

Waktu    senin             selasa              Rabu                   kamis                  sabtu      Keterangan

08-09        H                     H                     H                           H                         H

09-9.30      I                       I                       I                            I                           i

9.30-10.     aq                    si                     fq                          aq                       si

10-10.30      K                     B                     Se                          K                          B

1030-11        E                    E                      E                            E                   E

Keterangan:

H        : Meliputi hafalan juz Amma, hafalan hadits arba’in, hafalan doa

I          : istirahat, bisa diisi dengan latihan membaca iqra/tamhid dan latin, pake buku anak islam suka membaca jilid 1-5 untuk latihan baca latin, iqra/ tamhid jilid 1-5 untuk latihan baca alqur’an.

Aq       : pelajaran aqidah

Si         : pelajaran siroh n tarikh

Fq        : pelajaran fiqh

K          : Kognitif meliputi ; mengenali benda sekitar menurut jenis ukuran,bentuk, konsep sains sederhana, bilangan, bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana, konsep waktu, dan berhitung sederhana,.

B          : Berbahasa, bisa kosa kata arab n inggris, n kemampuan berbahasa mengenal bunyi suara, memahami kata n kalimat sederhana, keaksaraan

Se        : Seni  dan kreativitas

E          : evaluasi/ penutup bisa ditambah latihan gerakan dan bacaan shalat

Untuk kolom keterangan diisi apabila ada pembelajaran yg tidak/belum terlaksana bisa dilakukan di waktu berikutnya. Buat jg laporan perkembangan anak tiap ahir pekan pembelajaran, untuk latihan iqra dan baca latin buat kartu prestasi, ada keterangan lancar (L) dan ulang (U) ini tiap hari dicatat. Memang ini seperti  sekolah Cuma tempatnya dirumah sendiri, semuanya agar tersistem n bisa berjalan dengan baik insyaAllah

Ummahat  pembelajaran anak usia dini  terdiri dari  2 aspek pengembangan ( bahasa sederhananya hal-hal yang diajarkan ke anak balita, kalo waktu kita SD dulu semacam mata pelajaran) yaitu:

Aspek Pengembangan Pembiasaan Pembentukan Perilaku.

  1. Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik, merupakan pengembangan moral dan nilainilai agama islam.
  2. Disini ditanamkan pula pendidikan karakter yang tentunya kita merujuk pada karakter2 pribadi muslim yang kuat  dengan meniru dan mencontoh karakter Rasulullah shalallahu alaihiwassalam.
  3. Pengembangan sosial emosional dan kemandirian  juga dikembangkan dan diajarkan agar anak dapat mengendalikan emosi secara wajar , dpt berinteraksi dgan sesama dan orang dewasa dengan baik dan dapat menolong diri sendiri dalam rangka kecakapan hidup.

Materi  yang diajarkan yaitu:

  1. Aqidah,
  2. Akhlak, disini pengajarannya ketika hafalan doa, karena  terdapat pembelajaran adab atau tata cara jadi akhlak diajarkan disini.
  3. Fiqh ibadah
  4. Sosial, emosional dan kemandirian

Aspek Pengembangan Kemampuan Dasar.

Materi  yang dikembangkan dan dikerjakan yaitu:

  1. Kognitif
  2. Berbahasa
  3. Fisik dan motorik
  4.  Seni

Setelah memahami  tentang materi –materi apa yg hrs  dikembangkan  dan diajarkan dalam pembelajaran anak usia dini, sekarang kita menerapkan  sesuai dengan waktu dan tema, disini kita harus tahu tentang waktu dan tema agar yang diajarkan terarah dan tersistem. Tema –Tema yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini (AUD) , dan alokasi waktu terdiri dari:

Semester            Tema                                                                    Alokasi/perkiraan waktu

I              1. Tema Diri Sendiri                                                   3 minggu

2. Tema Lingkunganku                                             4 minggu

3. Tema Kebutuhanku                                              4 minggu

4. Tema Binatang                                                       3 minggu

5. Tema  Tanaman                                                      3 minggu

II                6. Tema Rekreasi                                                         4 minggu

7. Tema Pekerjaan                                                      3 minggu

8. Tema Air, Udara, Api                                              2 minggu

9. Tema Alat Komunikasi                                           2 minggu

10. Tema Tanah Airku                                                   3 minggu

11. Tema  Alam Semesta                                             3 minggu

Setelah kita tahu tema-tema tadi, marilah kita mulai pembelajaran AUD ini mulai dengan tema awal Diri Sendiri dengan Alokasi Waktu 3 minggu , mulai hari ini misalnya  senin 1 Agustus 2011, dengan jadwal harian yang ana contohkan diatas,  bagi yg mau ikutan kalo terlambat alokasi waktu bisa disesuaikan ya,

Untuk mulai pembelajaran  diawali dengan  salam doa buka majlis, doa sebelum belajar, doa/dzikir pagi hari, anak2 diberitahu adab menuntut ilmu, ketika ummu atw guru berbicara anak dibiasakan untuk harus diam n mendengarkan , jangan mulai ketika masih ada anak yg bicara n senda gurau, tanamkan agar anak menghormati ummu/ guru yg sedang menyampaikan dan berbicara, ummahat kan sering dengan pembiasaan insyaAllah anak bisa, ini dah termasuk ke pembelajaran akhlak lo, jangan terpukau dengan metode AUD barat yang mengajarkan anak itu belajar sambil bermain, jd ketika  ummu menya mpaikan ilmu anak gojek , lari ssana sini, atau senda gurau,  gak bisa itu, ajarkan ketika ilmu disampaikan anak  mnyimak mendengarkan, tidak berisik, walau hanya sebentar, ana dah praktek ke anak2 ana, masalah pembiasaan butuh waktu lama, jgan keburu wah gak bisa, mengajar anak harus sabar n melatih kesabaran kita.  Jangan pernah menganggap kalo anak gak mau kalo ummi yg ngajari, pasti mau karena sesungguhnya balita gak bisa lepas dr ummu, tinggal cara penyampaian kita ke anak,  ketika melihat anak mulai jenuh n gak kkonsentrasi( setiap 3 menit kurang lebihnya) ya break dulu  isi dengan cerita n main sebentar ( ini baru masuk ke main sambil belajar, jangan campur aduk), batasi sebentar jgn meluas

UNtuk  Hafalan juz amma dimulai dr surat2 pendek dulu, setelah  dia terbiasa menghafal, bisa ditambah dengan  surat yang panjang  dr arah belakang juz amma, untuk hafalan hadits arbain dimulai hadits tentang  niat, matannya belum dulu, nanti lo usia 6 th, tp lo anak mampu diajarkan sekalian jg bisa, hafalan doa pake hishnul muslim , untuk tema Diri Sendiri  Hafalan doanya yg diajarkan pertama yaitu

  1. Adab mengucap salam, menjawab salam,  doa /dzikir pg/petang hari, doa mau belajar, doa penutup majlis, adab n doa sebelum dan sesudah tidur, adab n doa bersin. Semua ini biasanya langsung dipraktekkan  dalam kehidupan sehari2.

Untuk adab n doa sebelum sesudah makan, masuk wc, nanti pembelajarannya difokuskan pada tema kebutuhanku 2 bulan lagi ini secara ketemaan, tp diajarkan  ketika anak melakukan kegiatan tersebut secara langsung lebih bagus gak harus nunggu waktu ketemaan ya ummahat.

 

Untuk materi Aqidah, bisa dimulai dengan  membiasakan mengucapkan kalimat thoyyibah, yaitu  kalimat syahadah, basmalah, Ta’awudz, Tasbih,Tahmid, takbir, hamdalah, istighfar, InsyaAllah, Masya Allah, Istirja’, Tahlil secara bertahap ,  materi rukun iman, dan tentang islam adalah Agama yang benar dan diakui diterima disisi Allah Ta’ala.

 

TEma Diri Sendiri yang dialokasikan 3 minggu acuannya meliputi

Identitas diri ; misalnya nama, usia, jenis kelamin, nama ortu, almat rumah

  1. Anggota tubuh misalnya kepala , kaki, tangan dsb
  2. Ciriciri tubuh: warna kulit, bentuk badan, warna rambut
  3.  Kesukaan / hoby misalnya dalam makanan, warna, permainan, kegiatan
  4. Alat/macam indra missal mata , telinga,dsb
  5. Fungsi alat indra , missal mata untuk melihat dst
  6. Macam-macam rasa; pahit, manis, asam, asin,sepet
  7. Macam-macam perabaan; kasar, halus , tajam, dingin, panas,
  8. Macam-macam pembauan; wangi, amis , anyir, busuk, harum
  9. Macam-macam suara; keras , lembut,  nyaring, melengking
  10. Macam-macam penglihatan; jelas, buram, jauh, dekat,silau gelap, terang, samar

 

Mengacu dari tema Diri Sendiri , materi Berbahasa bisa ditambahkan hafalan kosa kata bahasa arab dan inggris, misalnya;

  1. Saya= ana= I (baca ai)……. Bahasa arab nanti ditulis pke hijaiyah
  2. Hidung= anfun=nose ………………….dilanjutkan dengan  anggota tubuh lainnya  minimal dalam 3 minggu ada 15  kata.

 

Materi Kognitif bisa di mulai dengan mengenali benda disekitarnya  menurut bentuk, jenis dan ukuran, pengenalan angka  1-5 dulu dengan  mngenalkan konsep bilangan tersebut  dengan benda.  Ada lembar kerjanya, ana jg menyediakan dan bisa pesan  sekaligus untuk 1 semester , terdiri dari :

1.Anak sholih  Pintar Membaca

2. Anak sholih Pintar Berhitung

3. Anak sholih Berakhlak  Baik

4. Anak sholih Trampil berkarya

5.Anak sholih  mengenal bahasa arab

Selamat mencoba semoga bermanfaat,  ketemu 3 minggu lagi dengan tema selanjutnya, misalkan belum memahami bisa konsultasikan ke ana (Farida Ilmiasari).

About these ads

14 Comments

  1. Kemarin aku beli buku kurikulum kayak mbak farida itu Lis. Penulisnya sama dengan penulis anak islam suka membaca. Kamu mau?

    • aku ga mengacu ke kurikulum itu koq ry…. aku nyontek di majalah-majalah anak bekas…

  2. memang ada baiknya mengajar sendiri di rumah tetapi,bila anak hanya sendiri maka pengenalan sosialisasi anak akan kurang begitu juga dengan tenggang rasa pada teman,pembentukan karakter pada era globalisasi seperti sekarang ini sangat penting ditanamkan sejak dini.

  3. saya bukan praktisi homeschooling bu… karena anak saya masih 3 tahun, dan menurut saya usia segitu belum cocok untuk disekolahkan secara formal… ^^. Anak-anak saya yang lain pun sekolah di sekolah formal, bi idznillah. Kalo kata teman-teman yang anaknya homeschooler, sosialisasi dan pembentukan karakter tidak selalu di sekolah, bisa melalui home visit (berkunjung ke rumah teman), bergaul dengan tetangga sekitar, dll. Baik homeschooling atau sekolah formal, masing-masing ada kurang-lebihnya, dan karena orangtua-lah yang paling tau tentang karakteristik anak-anaknya, maka keputusan orangtua masing-masing yang menentukan cocok atau tidaknya menerapkan praktek homeschooling pada anak2 mereka… ^^

  4. Artikel yang bagus..blognya juga keren dan sangat bermanfaat!
    Sa lam kenal, nama saya Kak Zepe. Saya adalah pencipta lagu anak…
    Saya juga penulis artikel pendidikan kreatif dan tips creative parenting…
    Karya2 saya ada di http://lagu2anak.blogspot.com
    Semoga bermanfaat ya… 
    Mari bertukar link! 

    • Salam kenal.. terimakasih atas kunjungannya kak Zepe ^^

  5. ika

    assalamu’alaikum.. salam kenal ummu… seneng deh ketemu blog ini… saya mesti belajar banyak nih… boleh kan nanya nanya?

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. salam kenal juga Ika ^^. Ada teman saya yang praktisi homeschooling, ini blognya : http://tarbiyatulabna.wordpress.com (mba Ary Susanti), kalo Ika ada pertanyaan tentang homeschooling, bisa merujuk ke beliau *orangnya baik hati dan ramah koq*, kalo sekaliber saya, kayaknya belum layak untuk menjawab pertanyaan, hehe..

  6. ummu Nabilah (ika)

    hihi… tapi setidaknya ummu lebih berpengalaman dari pada saya. jazakillah infonya :))

  7. diah

    Assalamualaikum Warohmatullohiwabarokatuh…
    salam kenal ummu, saya mau nanya tentang pengalaman ummu nih, bagaimana dengan buku2 panduan untuk materi yang akan kita berikan ummu mohon infonya ummu..
    syukron, wassalam.

  8. Ria susanti

    Bismillah…aslm,ummi afwan mengganggu waktunya,bisa minta no telp nya?&bisa saya beli dimana ya buku panduanny? Syukron

    • Wadduh, saya ga tau bu Ria… karena ini sharing dari beberapa ummahat yang gabung di grup fb sunnihomeschooling… ^^

  9. kurnia

    aslm,ummi sy lg cari ilmu mslh homescholling nih,si kakak dah 2,5thn,mo mulai nyusun kurikulum,kl mo gabung di group fb-nya boleh?

  10. Reblogged this on “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” and commented:
    mantaaap umm. jazakillaahu khairan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 44 other followers

%d bloggers like this: