Ummu Aliyyah

Tutorial Membuat Mobil Dari Kotak Susu Bekas

Liburan Ramadhan hampir berlalu 4 hari. Anak-anak pun mulai belajar berpuasa. Meski tidak kami paksakan, tetapi banyak juga kendala yang kami hadapi. Liburan yang cukup panjang membuat mereka malah cepat bosan dan (tentu saja) cepat merasa lapar. Jam 9 pagi mereka udah mulai merengek-rengek lapar dan haus. Hhhh……

Terkadang kami harus membiarkan mereka main game seharian hanya sekedar membuat mereka “tenang” dan tidak rewel. Tapi game selama liburan tentunya tidak baik bukan? Makanya, saya berinisiatif mengajak mereka membuat sesuatu untuk menghilangkan kebosanan (Sebenernya umi-nya lagi malas banget nih berkreasi :P). Nah, yang ada di rumah cuma sekotak susu bekas anak-anak minum yang belum sempat di buang. ya udah deh, pake yang ada aja… Taraaaaaaa…! jadilah kreasi kita kali ini membuat mobil-mobilan dari kotak susu bekas..

Awal rencana kami mau membuat mobil yang sederhana, dengan hanya memberi kotak susu itu sebuah roda dan tali untuk menariknya. Tapi umi pengen sesuatu yang special untuk Ramadhan kali ini. Yups, sebuah TRUK PENGANGKUT SUSU.

Ok. Pertama-tama kita siapkan bahan dulu

Bahannya tidak semua kita masukkan di gambar, karena belum sempat di foto (tapi InsyaAllah akan kami jelaskan secara lengkap).

Yang kita butuhkan adalah :

1 kotak susu bekas ukuran 1 liter

1 buah gunting

Beberapa lembar kertas origami

1 buah selotip bening

1 buah undangan bekas (sebagai pengganti karton)

1 buah lem

2 buah tusuk sate

1 lembar kardus bekas (untuk roda) –> bisa diganti dengan bahan yang lebih keras

4 buah karet gelang untuk penahan ban

Cara Membuat :

Buatlah Kepala Truk dengan cara menggunting bagian bawah Kotak Susu (maaf yaah caranya tidak ditampilkan).

Setelah itu buatlah kotak persegi panjang dari undangan bekas sebagai Box Truk. Lalu tempelkan sisa kotak susu yang terdapat label merek susu tersebut.

Jajarkan keduanya (apakah sudah sempurna ukurannya atau belum), jangan ditempel dahulu.

Setelah itu, tempelkan kertas origami warna-warni pada Kepala Truk sehingga berwarna lebih menarik

Lalu mulai-lah membuat roda.

Caranya : gunting karton tebal seukuran koin Rp.500,- sebanyak 4 buah. Lapisi sisi karton berbentuk koin itu dengan kertas origami. Lalu tusuklah dengan Tusuk sate, dan jadikan karet gelang sebagai penahan agar roda tidak lepas dari tusuk sate di ujung-ujungnya (lebih seru lagi kalo pake bahan yang rada tebal semisal karet sendal bekas). Karena kalo pake karton, rodanya jadi meleot-leot :p.

Kemudian ambil 2 lembar sisa kotak susu seukuran 2*5 cm, tempel di bawah truk (sebagai penahan roda).

Nah, mobil pun telah siap mengantar susu-susu pesanan anda…. ^^

Selamat mencoba !

Oh iya, ketika umi lagi sibuk buka bengkel truk, Aliyyah pun tidak mau kalah dengan membuat sebuah kincir angin yang sangat cantik… (umi lebih suka kincir anginnya nih daripada truknya :D)

About these ads

22 Comments

  1. bisa jalan ga truknya

  2. kasih tau doong,bisa jalan ga? :)

  3. @alwan : bisa jalan koq…. ^^

  4. Mei

    kreasi’a bgus2, makasih semoga bermanfaat..:)

  5. dewi & devi

    keren,, mkasih ya, jdi kebantu deh buat mobil2an! :P

  6. makasih ya udah ada caranya untuk mebuat semacam mobil

  7. Buatin donk truk nya
    Kami lagi kerja kelompok

  8. Gibran Hakim

    Terima kasih

  9. sergio

    itu kardusnya bikin atau beli ???

  10. Wahyu

    ow

  11. otak atik matuk

  12. kayak mana sih buat naya?

  13. Ary cantik

    Seru tuh…!

  14. bagus tuh mobil mobillannya

    • Alhamdulillaah. Terimakasih de’ Alfian ^^

  15. bagus banget ! TOP BGTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT.

  16. yanagpjukaisalma

    (y)

  17. berguna sekali! makasih mimin:-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: