Ummu Aliyyah

Tutorial Membuat Clay dari Tepung

Bahan :
2 sdm Tepung Beras
2 sdm Tepung Tapioka
2 sdm Tepung Maizena
75 gr Lem Putih
1 tusuk gigi
Cat Poster

Cara membuat :
1. Campurkan tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
2. Setelah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
3. Warnai setiap bagian dengan warna yang berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.

Tips :
1. Agar adonan Clay tidak cepat kering, bungkus adonan yang belum dibentuk dengan plastik.
2. Tempelkan bagian-bagian clay yang akan di satukan dengan lem putih.
3. Agar tidak jamuran, tepung bisa dicampur pengawet makanan (benzoat) sebanyak 1 sdt.
4. Supaya hasil clay lebih awet, setelah clay terbentuk, bisa di cat akrilik atau pylox bening atau cat kuku transparan.

About these ads

154 Comments

  1. salam kenal.. :). saya pernah coba pakai campuran dengan tepung terigu, tapi hasilnya ga bagus. warnany kusam dan cepat jamuran. sepertinya ide mengganti dengan tepung maizana boleh juga tuh. thanks infonya yaa

  2. fara

    wahh…..mo coba ahh…!!!!! :-D

  3. lidya

    Salam kenal and salam persahabatan sesama pecinta blog ya bu …
    Kayanya patut dicoba nih, soalnya lom pernah bikin nih.
    Tapi klo di lihat dari bahan dan cara pembuatannya, kayanya ga terlalu sulit ya bu !!!! …
    And bisa juga tuk sekalian bermain dengan anak nih, biar tambah deket sama anak nih … Ya, itung-itung biar anak jadi kreatif dan jadi pintar. Soalnya mereka kan bisa berkreasi semaunya mereka.
    Bahan-bahannya juga kayanya ga sulit tuk dicari ko, soalnya bahannya yang slalu ada disekitar kita deh !!!
    Bu, aku mau minta ijin tuk mengupload data ibu ke blog aku ya. Atau ibu juga bisa liat blog aku di blog lidya felisha.
    Salam kenal and salam persahabatan …

    • salam kenal juga yaah… moga bermanfaat ^^

  4. mama sarah

    Ass, wah bisa gak yah aku belajar langsung bu? btw ibu domisili di mana? aku di bekasi, jadi ingin ngundang ibu nih buat ajarin kami guru paud posyandu.

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

      itu mudah koq bu, bisa belajar sendiri insya Allah^^. Saya juga tinggal di Bekasi, tepatnya rawa lumbu. Saya masih amatiran bu, bikin clay itu cuma buat senang anak-anak di rumah.. ^^

  5. uwie

    ni low dah lama bakal jamuran gx??
    terus kalow gx pake tepung beras gmana??

    • Kalo ga mau jamuran bisa ditambahin natrium benzoat, untuk pengawetnya. Bisa juga di cat akrilik atau disemprot pilox bening. Kalo hasil bikinan saya sampe sekarang belum jamuran sih meski ga dikasih apa-apa, alhamdulillah… ^^

  6. aq baru mencoba nich mba….
    harapannya setelah membaca resep mba aqu bisa memprakteknya….

  7. salam kenal… mksh infonya ijin ngopy buwat nambah ilmu juga hoby

    • Salam kenal juga Puput…. silahkan kalo mau di copy… ^^

  8. bisa dijadikan gantungan kunci ga??

    • bisa aja, asalkan gantungannya di tanam sebelum clay mengering… tapi saya sendiri belum coba…

  9. Hika

    aku sering bkin clay, tapi susah membentuknya.
    pasti hancur deh di tanganku.
    jdi bentuknya rada gak karuan.
    TT^TTa

    gimana yah cranya bkin clay tapi gak gampang jatoh atau melorot gitu meskipun udh di bikin tatakan?
    apa harus pakai kawat di dalemnya?
    hbis lihat di buku, ada yang bisa tegak gitu claynya.

  10. o,ya. mau tanya lagi. kapan dimasukkan benzoatnya???
    trus lem putih itu lem fox ya???

    • kalo di buku sih pencampuran benzoatnya pas tepung belum di campur ke lem. Ho oh, lem putih itu maksudnya lem fox… ^^

  11. wah,, i’ll try. thanks 4 info

  12. Ify Afiat Soeleaman, MR.

    Ass. Wr.Wb.
    Salam kenal.
    Saya dah mendorong putri saya yg sedang kuliah di semester pertama untuk mendalami pengolahan dan pembuatan aneka produk dari clay.. saya yakin benyak manfaatnya.

    Wass.
    IAS.

    • Kalo ditekuni, insya Allah hasilnya bagus koq bu Ify… saya juga senang mengarahkan anak2- saya untuk berkreativitas bu… semoga anak ibu sukses yaah… salam kenal juga ^^

  13. yuni

    assalamu ‘alaikum….
    bu… saya coba bikin clay, tapi kok disimpan di plastik claynya jd makin lembek ya, itu kenapa ya?
    trimakasih

    • wa’alaykumusalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh… saya juga gitu bu, di-angin2-kan sebentar juga keras lagi. Kalo ga mau terlalu lembek, mungkin waktu penyimpanan cukup di taro di wadah kecil lalu di tutup serbet… *tapi saya belum coba sih penyimpanan kayak gitu

      • yuni

        gitu ya bu, ak coba deh makasih ya sarannya

  14. coba ah yg penting coab ide bagus kali yayayayyaa sih ya

  15. Tanya donk, kalo dijemur, hasilnya bisa retak-retak ga yah?

    • ga pernah nyoba di jemur, soalnya diangin-anginkan sebentar pun udah langsung kering dan keras… ^^

  16. Tania

    salam kenal, ak mau tanya nih, kan aku udah buat clay dari tepung, nah pembuatannya sama pebentukannya berhasil, tapi, waktu aku cat pake pilox bening, kok tambah lembek dan hancur ya? apa aku salah teknik mencat piloxnya? atau clayny perlu d angin2in dulu? makasih

  17. @Tania : terus terang saya pribadi belum pernah coba pake pylox bening (tapi pernah baca untuk final touch bisa pake itu), tentu aja penggunaannya setelah clay selesai dibentuk dan mengeras… ^^

  18. bu, adonan clay nya (yg sudah dibentuk dan bewarna) harus di masukkan ke oven atau cukup diangin-anginkan saja?

    • @Hedi : cukup diangin-anginkan aja, ga perlu di oven kayak polymer clay… ^^

  19. kalau hanya tepung maizena + lem putih aja bisa ga?
    Tks

    • @Dwie : InsyaAllah bisa, malah hasilnya akan lebih bagus, jangan lupa ditambah minyak sayur sedikit… dulu waktu pertama bikin clay pun saya cuma pake tepung maizena+lem putih+minyak sayur. Cuma karena harganya relatif mahal (apalagi cuma buat mengisi waktu luang anak-anak), jadi di oplos pake tepung lain ^^

  20. nurlaela

    kl ga pakai benzoat bisa ga ya mba?

    • @nurlaela : Insya Allah bisa koq tanpa benzoat pun … ^^

  21. Haloooo
    apa clay ini bisa keras dan tidak lembek seperti plastisin ?

  22. gustinkd

    ass..
    salam kenal,saya uda cba bikin clay,tapi kok adonanny g’ enak y,,g’ punel gto..aku coba bikin kura2,,tapi bdanny masi lembek aja,,kyk kue,,g’ kering,,itu gmn y mb’..apa adonanny yg salah,,padahal uda lengkap,,tapi aku cuman pake tepung + lem putih +pengawet..aja….apa harus pakek lem fox,,aku kmren pake lem putih,tapi merek rajawali,,sama ajakan mb’…
    mohon infony ya…:)

    • Salam kenal juga ^^… saya belum pernah pake lem putih merek rajawali, biasa pake lem fox. Bisa jadi karena memang merk lemnya yang berbeda. Karena belum tentu komposisi-nya sama meskipun judulnya sama-sama lem putih. Kelebihan lem fox (tanpa bermaksud untuk iklan :p), ketika diangin-anginkan akan mengeras dan berubah warna jadi transparan. Coba deh diganti lem-nya, barangkali kali ini sukses yah ^^

  23. nia

    haloo..
    mau nanya nih, klo bikin pke tepung maizena yg udh kadaluarsa bisa ga ya..??
    soalnya di rumah banyak tepung yg kadaluarsa, sblm dibuang kali aja bisa dimanfaatin..:)
    makasih..

    • @nia : hehe… ga tau deh bisa ato ga… pake aja yang udah kadaluarsa, yang penting belum dikutu-in :D… lagian clay ini kayaknya bukan untuk dikonsumsi… >_<

  24. MIta

    Saat proses pewarnaan menggunakan cat poster, apakah cat poster boleh dicampur air (maksud saya supaya menghemat cat)?
    Terima kasih.

    • @Mita : Ga perlu dicampur air, khawatir adonan akan tambah lembek. Lagipula penggunaan cat poster untuk pewarnaannya itu cuma sedikit banget, cukup seujung tusuk gigi… kalo banyak-banyak khawatir warnanya ga cerah ^^

  25. Ba, saya biasa buat dengan tepung maizena, tepung beras dan tapioka??
    Saya mau tanya klo tepung tapioka itu bisa di ganti dengan tepung apa ya??

  26. ass, mba saya mau tanya
    Saya biasa buat clay dengan tepung maizena, tepung beras, dan tepung tapioka.
    Klo tepung tapioka bisa diganti dengan tepung apa ya??

  27. @eghi : saya belum pernah coba ganti tepung tapioka pake tepung lain… tapi kalo dari tekstur, tepung tapioka mirip sama tepung sagu tani. Silahkan kalo mau bereksplorasi dengan bahan lain…. di tunggu hasilnya yah ^^

  28. maipura

    bisa dibentuk jadi action2 figure gak kira2 ??? pengen coba2 buat jagoan2 sendiri nih.. hehe

    • coba aja dibikin AF-nya, siapa tau sukses… ^^

  29. Tut Di

    Salam Bu,

    Klau diperhatikan, itu kan dibuat bagian per bagian ya Bu, misalnya untuk bikin es krim cone, dibuat dulu cone-nya lalu esnya. Nah, cara merekatkan satu bagian clay ke bagian yang lain apakah diperlukan lem? Atau cukup digabungkan begitu saja? Apakah itu cukup kuat? Terima kasih.

    • @Tut Di : terimakasih sudah bertanya ^^, kalo saya merekatkan per bagiannya dengan lem putih…

  30. Citra

    Assalamualaikum…maaf bu mau tanya, kalo diganti lem lain, lem apa ya yang bisa, yang kira2 harganya lebih murah dari lem fox. terima kasih sebelumnya
    Wassalamualaikum Wr Wb

  31. wa’alaykumussalam citra, saya belum pernah nyoba pake lem lain.. ^^

  32. ivana

    clay ini bisa tahan berapa lama???

    • insyaAllah awet banget koq clay ini… bisa jadi sebelum jamuran udah keburu ilang dimainin anak-anak.. ^^

  33. iqbal

    gimana kalau membuat clay tidak memakai pengawet makanan?

    • @Iqbal : gpp pak, silahkan aja.. ga terlalu pengaruh juga koq ^^

  34. makasih atas tips nya saya mauuu cobaaaa!!!!!!!sip

  35. ummu aliyyah maw tanya gmn cara nya supaya clay tidak retak2x dan lembek?

    • @Malaya : yang penting komposisi dan takaran bahannya tepat de’.. ^^

  36. siti barkah

    Assalamu’alaikum,
    ummu, aku boleh khan coba bikin sama anak2 di sekolahku …?

    • @siti barkah : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. boleh aja, insya Allah mudah dipraktekkan untuk anak-anak koq… ^^

  37. diyas

    saya penggemar no.1 umi aliyyah ^^

  38. kalo pewarnanya pake pewarna apa ya

  39. selamat sore mba,,mau tanya untuk ngadonin tepungnya itu pake air atau cukup dengan lem saja?
    terima kasih..

    • sore…^^ ga perlu pake air, cukup lem aja..

  40. sore, saya sudah berkali-kali bikin, tapi waktu kering warnanya slalu jadi kusam. saya pakai pewarna makanan. itu pwarnanya yg pengaruh, atau mungkin saya terlalu banyak ngasih pewarna? thx :)

    • Mungkin kebanyakan kasih pewarna, coba kasih pewarnanya secukupnya aja. soalnya setelah kering warna akan lebih matang..

  41. halo, saya ada masalah nih pas bikin clay nya.. sy rasa takarannya udah pas tapi malah hasilnya jadi lembek banget, pdhl sy liat di contoh maupun di gambar2 hasilnya keras gitu, salah takaran atau gmn ya..? kbtulan td saya pake takaran tepung maizena tapioka beras masing masing 20gr, trus sy campur 60gr lem putih, jadinya lembek sekali.. mohon bantuannya.. trims.. ^^

    • Bisa jadi takarannya yang belum pas… dan kebetulan saya belum pernah menakar 2 sdm tepung menjadi ukuran gram (jadi ga tau 2 sdm tepung itu berapa gram)… ^^

      • Saya udah nyobain adonannya pak Harie, hasilnya siip..agak sedikit kering sih, jadi saya tambahin baby oil dan skin food cream Viva sedikit, jadinya pas banget..makasih mba, blognya mba isinya mantapp..salam kenal, ya..

    • Sekedar berbagi info nih.,
      Ak jg br belajar soal bikin clay.,
      Kbetulan cari2 sndiri formula bikin adonannya.,
      25gr tapioka
      20gr maizena
      20gr tepung beras
      50gr lem fox
      1sdt benzoa (pengawet makanan)

      Setelah bahan dicampur dan diuleni, klo msh ngerasa lembek tambah tapioka dan uleni lagi, tambahannya dikira2 aja.,
      *jgn pakai terigu, krn warna terigu kusam.,
      Sblm kasih warna, sebaikanya diberi warna putih dlu.,
      Adonan asli tanpa diberi pewarna putih nnt pas keringnya warna clay akan brubah agak gelap, jd sblm dikasih warna2 yg menarik adonan kita ksh warna dasar putih

      Senangnya berbagi.,
      Smoga bermanfaat., :)

      • Terimakasih pak.. ^^

  42. saiful

    Kalo boleh nanya, harga cat posternya berapa?
    saya dapat buat beberapa.. cuma waktu gabungkan beberapa warna hasilnya warnanya agak menyatu dengan warna laen(contoh: warna biru ditempel dg warna merah, pertemuan claynya ada campuran warna biru dimerah).. solusinya gimana?
    alika@ saya pernah juga hasilnya lembek.. tapi bisa agak keras kok.. caranya tambahin aja tepungnya.. ulenin ampek rata..

    • @saiful : beda merk beda harga pak… saya pake merk sn*wman, harganya 1 set 50-60ribuan kayaknya. Itupun pemakaiaannya sedikit banget, cuma seujung tusuk gigi. Mengenai kombinasi warna, saya belum pernah coba campur-campur warna, jadi ga tau hasilnya. Tapi kalo mau warna yang kombinasi, mungkin bisa coba kedua warna disatukan di wadah kecil terlebih dahulu, lalu aduk.. baru hasilnya di campurkan ke tepung…

  43. klu claynya setelah dikeringkan retak2 itu biasanya penyebabnya apa ya nte?

  44. @rahma wati : wah ga tau saya… ^^

  45. Modeller miniatur

    Wah mbak ini, masak tepung mahal2 kok cuman buat mainan doang,…
    mending buat saya aja, biar saya bikin kue… hehe..
    Mungkin untuk tepung diganti aja pakai “talk” harganya cuma 3 ribu per kilo,
    dibelinya di Toko Kimia, bentuk fisik “talk” ini mirip dengan tepung organik..
    Kalau pas beli bisa bilang,ada “talk untuk campuran resin” gitu…
    coba aja, lebih murah kan bahan bakunya.. ndak rugi kalo buat mainan.. hehe..
    ntar bisa coba bikin patung jupe pake baju ondel2 hehehe..

    • @modeller miniatur : hehe, boljug ide-nya :D *maksute ide yang ganti tepung pake ‘talk’ lho, bukan yang ide bikin patung orang pake baju ondel2 :p*

  46. dri dlu aku pgn bgt bu bkin clay,,, tpi udah bbrp kli gagal trus ,,, adonan saya lembek,,,udah saya tambah tepung msh aja lembek,,, sebenarnya terktur adonanya tu gmna to bu,,?

    • @Rarasetya : kelembekan adonan mirip sama adonan roti, asalkan engga nempel di tangan ‘n bisa dibentuk, insya Allah cukup.

  47. Candra

    mau nnya dong catnya pakek cat apa yah? maksudnya cat poster itu apa?

    • @candra : cat poster banyak koq di toko buku… coba tanya ke yg jual ^^

  48. Muhammad Ainul C

    mbak….

    saya mau tanya ni….
    klo misal clay-nya di buat stopmotion (vidio dr kmpulan foto) kn bisa tu….
    tapi kayak.e clay tu bisa mengeras ya…..
    nah…. bikin Clay agar tetep lembek / gk mengeras, tu gimana ya mbak..????

    tolong di jawab ya mbak…..hehehehe
    trima kasih…..

    • tanya yang lebih ahli aja pak…. (saya ga tau jawabannya soalnya :D)

  49. Nanita Ringga Prakusya

    lem nya itu pake lem apa? merek nya apa?

  50. pakai lem kayu ya?

    • @Nanita Ringga Prakusya dan @distrokaosmurah : saya pake lem FOX.

  51. Salpa

    Aslm ibu,
    Dtmpt sya Pkanbru Riau, pwarna yg dgunakan adlh pwarna mkanan, ktany biar ad aroma jg, spt pandan pasta n laen2, blh?

    • @salpa : ga takut di makan anak-anak? kan ada unsur lem-nya… nanti dicaplok anak2 gimana? ^^

  52. Nanita Ringga Prakusya

    Aslm Ummu Aliyah …

    Lemnya lem putih ( Lem Fox ) kan bau kecut

    • @nanita : iyah… tapi kalo udah kecampur tepung ga terlalu bau koq… apalagi kalo udah kering ^^

  53. YURI

    GIMANA KALAU LEM FOX nya DIGANTI MA LEM RAJAWALI, BISA GA’ SIH?

    • @yuri : Saya belum pernah coba pake lem rajawali, jadi ga tau bisa atau ga’nya ^^

  54. ayah deo

    aku pernah bikin tapi kok gak bisa pulen…klo dah kering kok malah pecah2 …mungkin kurang ya adonanya

  55. mba, ijin share ya, makasih ^__^

  56. askum …
    saya bkin clay kug hasil y
    1. mudah jamuran
    2. lembek dan tidak bisa keras hasil nya
    mhon bantuan y ,, gmn cara mengatasi masalah di atas ?

    • @ceper :

      1. Clay jangan dicampur air dan setelah mengeras dan kering, segera lapisi cat akrilik atau cat kuku transparan.
      2. Mungkin komposisi tepungnya masih kurang tepat (?)

  57. Assalamualaikum wr. wb
    kalau cari benzoat dimana ya?

    • @Nabila : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh… coba di toko bahan kue biasanya ada, karena benzoat kan sejenis pengawet makanan, wallahu a’lam…. ^^

  58. assalamualaikum ummu ,
    saya mau bertanya , bisa tidak kalau pewarna clay.nya diganti ? selain cat poster gitu. kalau cat poster itu terlalu mahal buat saya. terima kasih

    • @Deiny Setyawan : Sekedar info aja yah pak, Cat Poster itu dijual ketengan di toko-toko buku, harganya per botol kecil itu Rp. 3.000 – Rp. 6.000, dengan pemakaian 1x colekan tusuk gigi, 1 botol bisa digunakan hingga puluhan kali… tapi silahkan kalo bapak mau coba pewarna lain, misalnya pewarna makanan… ^^

  59. Therecia

    Hai Salam Kenal
    Saya mau Tanya Kalo claynya udah selesai bisa tahan berapa lama ya?

    • @Therecia : Salam kenal juga Therecia ^^. Lumayan lama awetnya, bikinan saya malah tahan sampe berbulan-bulan ‘n keburu ilang karena dimainin anak-anak ^^

  60. haii.. saya mau tny, clay itu kalo di bikin bentuk cupcakes, kan biasanya pake cream tuh, cream nya bisa pake decoden cream?, sama klo pake pewarna makanan bisa? klo disimpan di kotak plastik gitu gppa? kamsahamnida^^

  61. fhirapadila

    thanks yaachh…
    infonyaa nambah pengetahuan….:)

  62. yuan

    kalo warna kulit pakai pencampuran warna apa ya?

  63. sangat membantu saya yang buat hadiah,, hehhe saya akan mencobanya..

  64. Rina

    Mbak saya pengen belajar langsung boleh tidak ya, soalnya sy juga tinggal di daerah rawalumbu, bekasi..trims..

  65. Umi Nisa

    ktanya tmn” ku di kasih baby oil, biar gk lengket adonannya,
    bnr gk sih? atau malah salah?
    mksh :D

    • @Umi Nisa : ga tau juga… ga pernah coba saiah.. hehe… ^^

  66. anisa

    boleh tanya tante?
    kalau cat poster diganti pake cat air bisa tidak yah?
    makasih :)

  67. succi

    mau tanya cat atau pewarnanya itu pake pewarna apa ya ?

  68. bagas

    assalamualaikum bu saya mau nanya buat pewarnanya lebih bagus pake pewarna apa?

  69. jamboel

    Klu bikin boneka yg gede efektip gak ya ?

  70. jamboel

    Kira2 klu dah kering ,ukuran clay mengecil & lumayan thn pecah ga .sukrooon jwbnya mbk .

  71. ummu, berati ga di campur ama air sedikitpun ya? hanya pake lem?

  72. Amy eldjanitra

    Informasinya sangat berguna,,,

  73. Mba, kalo warnainya pake cat air bisa ngga? :)

  74. @Stefanie : sebisa mungkin dihindari pemakaian air, krn clay bakalan gampang jamuran..

  75. Lisbeth

    kalo udah jadi gitu, claynya bakalan tetep keras apa bs lembek lg?

  76. zenatic

    TALK itu apa sih? belinya dimana ya?

  77. sonia angraini

    Kalo pewarna ny dignti pewarna mknan bgs gk mbk ?

  78. Veve

    adonan kenapa kembung dan retak sewaktu pengeringan ya??? seperti kue yg mengembang gt…dan bila diberi pengawet knp warnanya sangat jelek dan belang setelah kering??? padahal saya pakai cat poster selain itu takaran saya juga sudah persis sesuai resep…

  79. mey

    saya pernah coba tapi adonannya malah ga menyatu, apa takarannya salah ya??
    boleh tidak benzoat di campur langsung dalam adonan tepung dan lem??
    terimakasihh :)

  80. iwan qoruw

    sama nggk si lembeknya kaya plastisin lilin warna klo plastisin kan dibentuknya enak bisa detil, kalo tpung gmn ?
    spertinya agak kenyal ya ?

  81. Reblogged this on Belajar Nulis.

  82. assalamualaikum :) maaf mau nanya, cuman ga ngerti , itu takaran minyaknya berapa? biar ga pecah saat kering bukan? hehe

    • Saya ga pakai minyak, mba hazza.. Alhamdulillaah ga pecah pas kering… ^^

  83. bagaimana caranya menempelkan gantungannya?

    • Sebelum kering di tusuk di ujung hasil clay pake tusuk gigi mba Findrias Putri ^^

  84. thankz sangat membantu,,

  85. Ass mba, buat clay yg than lama t gmna n thannya max brpa hari kpngen buat AF buat pjangan tpi tkuty gx than lma ………………
    mkasih……

    • ini lumayan awet koq de syaky putra, bisa hitungan bulanan selama ga lembab atau kena air…

  86. Aku pernah nyoba bikin ,, tapi gak pake lem sama pengawet ,, itu kira” awet gak yaa? Thx

    • belum pernah coba yang ga pake lem atau pengawet, jadi saya ga tau, mba salsabila syaula ^^

  87. Angel

    Umm….
    Kalau merek lem putihnya apa ya? Lem Fox bukan?

  88. Angel

    Saya coba, tapi kenapa ya, tepungnya tidak mau rata dengan lemnya?

  89. shafamia salsabilla agustin

    Lem 2 kantong tuh maksudnya segimana?

  90. Keren idenya ♏ǝΰ coba praktek di rumah. O Ɣª numpang promo Ɣª bunda Ƙåζ‍‍ő ​ª∂ά ​ yg ♏ǝΰ tampil langsing pas hari raya kunjungi http://www.istana-nutrisi.blogspot.com

  91. benzoat belinya dimana ya??,,, di supermarket ada atau enggak?? thx

  92. Maksudnya lem nya itu yg cair apa warnanya putih kental.

  93. sofa imama

    Assalamu’alaikum,,,
    Umi,,,aku mau tanya,,kalau bikin orang-orang-an cara bentuk matanya pake apa.?trus bisa berapa lama keringnya,,?bisa ggak bentukx pake catter nnt kalu udah kering…?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: