Ummu Aliyyah

Tutorial Membuat Clay dari Sabun

Bahan yang diperlukan :

1 batang sabun mandi
4 sdm tepung tapioka
10 ml air panas

Alat yang diperlukan :

Parutan Keju
Wadah untuk menguleni
5 batang lidi

Cara membuat :

1. Parut sabun mandi menggunakan parutan keju
2. Campur dengan tepung tapioka
3. Tuangkan air panas lalu uleni hingga menjadi adonan yang dibentuk
4. Bila terlalu lembek, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka kembali

Cara membuat bunga :

1. bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil
2. pipihkan bulatan tersebut
3. Rangkai pada sebuah lidi
4. Tusukkan pada wadah
5. Bunga mawar cantik nan harum sudah bisa menghias ruangan rumah anda.

Selamat mencoba….

About these ads

45 Comments

  1. Atiek Poenya ^-^

    buset dah eksperimen trus………salut ah aku acungin jempol buat mba Li2s, tp sayang ket diatas ga disebutkan, kira2 clay dari sabunnya bertahan brapa waktu soalnya yg aku tau, biasanya ga tahan lama tuh :),ditunggu eksperimen yg laen ok :)

  2. huhuy… ni gara-gara waktu itu mba posting di blog ttg clay dari sabun, ternyata ada yang praktekin ‘N dia bilang gagal pas nyoba. Mba jadi penasaran tuh tiek, makanya mba coba sendiri… ternyata sukses tuh… wkwkwkwk….

  3. Atiek Poenya ^-^

    Bagus dweh klo dah praktek, cuma pertanyaan aku diatas blom dijawab mba ku sayang, claynya bertahan brapa lama? trus klo clay bunganya ditaroh di luar ruangan bisa berubah gak, mungkin mele2h gtu klo kena sinar xixixixi

  4. ga tau say, mba juga baru pertama bikin nih… nanti mba jawab kalo udah jamuran claynya :D (kira-kira berapa lama tuh sampe tumbuh jamurnya gitu..). Truss, tadi sih malah makin keras pas mba jemur… *ceritanya lagi nge-tes expired datenya nih :P

  5. oh iya, asal jangan diceburin di bak mandi aja tiek, pasti langsung meleleh… wkwkwkwkwk…

  6. atiek poenya ^-^

    oh…. begono ceritanya, soalnya tmn aku pernah bikin kena matahari langsung ancur gtu katanya xixixixi, mungkin tergantung adonannya jg kli ye, mba termasuk sukses donk :-P tong geer heula-nya ce xixixixixi, klo nunggu tumbuh jamuran aku serahkan ke mba ja dweh, met mengamati :)

  7. Lah ini pan resep juga mba contek dari tipi (ahli pembuat bunga dari clay sabun). Berarti bukan mba yang sukses tapi dia tuh… hehe *mba mah cuman beruntung doang karena sukses nyonteknya.. *prikitiw… :D

  8. Oh iya tiek, mungkin clay yang dibikin temenmu itu bukan dari sabun kali, tapi dari tepung atau roti tawar, makanya gampang jamuran. Kalo mau bikin clay dari tepung tapi ga jamuran, coba kasih sedikit pengawet makanan (benzoat). Nie udah hampir 2 minggu, clay sabun mba masih tetep kinclong, wkwkwk… ya iya-lah, mana betah tuh jamur hidup di sabun mandi :D…

  9. salam kenal ummu ‘aliyyah…assalamu’alaikum…
    sy ahya…dr sragen…ngajar di smk nih..
    tutorial ummu sy ambil untuk alternatif pembuatan clay bg materi seni budaya kls 2..
    kan ada macam2 teknik pembuatan seni kriya…di ambil materi patung ato grabah gt…
    sy tawarkan pd anak2 untuk milih media untuk clay nya..
    ternyata mereka pilih clay dari sabun mandi..
    lebih murah, mudah , n menyenangkan…karena menebarkan aroma wangi ke seantero ruangan…trima ksh bnyk ats sharing ilmu nya ummu…blog ummu sy link kan dg blog sy lho….wassalam.

  10. titik

    woihh hasilnya bagus. oya knapa ga pake kawat aja untuk tangkainya, emang ga patah klo pake lidi?

    • memang lebih enak kawat, saya pake lidi soalnya cuma itu aja yang ada di rumah :)

  11. salaamun’alaykum

    • wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh…

  12. fara

    cantik……cantik… mo coba jga laaa…..!!!! :-))

  13. gita

    kayaknya ide bagus tuh..dicoba ah… trimakasih atas ifonya y…:)

  14. Putri

    hehehe… bahasanya itu lho ukhti,,, yg buat saya tertarik…. wkwkwkwk lucu…

    • bahasanya gado2- bin campur2- ya ukh, kalo di baca guru bahasa indonesia, bisa geleng2-kepalanya deh saking jauhnya dari EYD :D *kalo kejauhan suruh naek angkot ajjah napah, xixi…

  15. Assalamu’alaikum mbak (dipanggil mbak apa tante nih?) salam kenal. Pertama lihat sih yang ini, dan penasaran ternyata hasilnyua manjur. Alhamdulillah ternyata masih ada juga muslimah yang berkarya walaupun hanya kecil-kecilan. Tetapi manfaatnya banyak. Aku juga terbantu sama tugasku di sekolah (hehehhe). Smoga aja mbak ato tante lah bisa lebih kreatif dan bisa bantuin aku lagi kalo ada pelajaran SBK (lho, ada maunyaaa..). Trimakasih, nanti aku mampir lagi, hehehehe
    Wassalamu’alaikum

    • wa’alaykumussalam… apa aja boleh koq, asal jangan dipanggil om ato mas, xixi…. ^^. Salam kenal juga… Alhamdulillah kalo sukses yaah Dhila ^^

      • oh iya mbak, ini bisa tahan brapa lama? tapi setauku sabun enggak bisa jamuran ya? hehehehe, kan ngga asik mbak, masak ngumpulin ke guruku udah jamuran :P

      • @Dhila : insya Allah ga jamuran, lagian kalo sabun mandi jamuran…ntar ga ada orang yang mau pake sabun kalo mandi, xixi… awet dan wangi pokoknya lah

  16. annissa

    mbk mau tanya q kan sudah coba tp kok adonannya lengket bangetnya?tolong dijawab ya mbk plisss!!!!soalnya q butuh bngt!!!

    • @annisa : adduh sayangg, mungkin airnya kebanyakan yah, kan cuma 10 ml, 10 ml itu dikit banget loh, paling sekitar 1-2 sdm aja… waktu itu mba bikin koq pas. Coba kasih air panasnya dikit-dikit dulu aja, soalnya kan tiap sabun kadar airnya beda. Dan kalo udah terlanjur kelembekan, di tambahin tepung tapiokanya. Moga sukses yah say….

  17. mantap sih caly yayay kerasi oek juga untuk di coba ya

  18. greet !

  19. Ringga Kakak De'Rangga

    Oh,jadi enggak perlu pewarna makanan ama aroma makanan ya ?! Malah lebih gampang … HEMAT DUIT

    • @ringga kakak de’ rangga : ho oh… ^^

  20. xavier

    selain tepung tapioka bisa gak yah ??

    misal’nya tepung kanji sama tepung maizena gitu ??

    • @Xavier : saya belum pernah nyoba ganti tepung.. ^^

  21. ririd

    assalamualaikum mbak Ummu ‘aliyyah…perkenalkan nama saya ririd,dari surabaya. saya mau tanya dong mbak kalo misal claynya kita ubah warnanya bisa gak??misal diberi pewarna, kalo sekiranya bisa pewarna apa yang cocok dan diberi waktu tahap apa?terima kasih.

    • @Ririd : Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh. kalo ga salah warna sabun batangan itu macam-macam yah, ada yang putih, kuning, merah, pink.. ini kebetulan aja yang di rumah adanya yang warna biru… ^^

  22. diiba dwikanthi

    tante, itu wanginya bisa tahan lama engga?

    • @diiba dwikanthi : InsyaAllah wanginya Awet… ^^

  23. makasih mbak

  24. Cahya

    Alhamdulillah.. info yg sangat menarik n bermanfaat.. terima kasih..
    Tp sayang keponakanq yg dr Yogya dah balik dr Jbg.. hr ni mrk berkunjung k rmh tp q g bagi2 ketrampiln.. nyesel rasanya. Lain waktu kali yach… smoga dech! :-)

    • iya mba cahya, semoga lain waktu bisa bermain dan belajar bersama ponakan. pasti seru.. ^^

  25. danililo

    mbak cantik kebanyakan sukses atau gagal… pengen exprimenx tolong comenx.. makasih

    • ini sekali2nya di bikin dan Alhamdulillaah langsung sukses de’ danililo ^^

  26. arum yanuarita

    assalamu’alaikum mbak
    kan adonan saya keras bgt mbak, misal dah kering trus diparut lagi apa bisa digunakan lagi yaa?
    makasih

    • Dicoba aja yah mba Arum Yanuarita … soalnya saya ga tau… Terimakasih sudah mampir ^^

  27. Assalamualaikum tante,, kalo misalnya airnya 20ml itu ke lembekan gak yaa? Makasih

    • Wa’alaykumussalam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.. bisa ditambahkan parutan sabun lagi supaya tidak terlalu lembek… asalkan sudah bisa dibentuk insya Allaah cukup, mba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: